Penyaluran BLT Dana Desa Keempat di Penajam Ditarget Akhir September

Ari B

Poto Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Penajam Paser Utara, Nurbayah.

Penajam, helloborneo.com – Penyaluran bantuan langsung tunai dana desa atau BLT DD tahap keempat di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, ditargetkan dilakukan pekan terakhir atau keempat September 2020.

“Kami optimistis BLT DD tahap empat disalurkan dalam bulan ini,” ujar Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa atau DPMD Kabupaten Penajam Paser Utara, Nurbayah ketika ditemui helloborneo.com, Rabu.

Mekanisme penyaluran BLT DD tahap keempat jelasnya, menunggu dilakukannya pencairan dana desa tahap kedua.

Jika dana desa desa tahap kedua dicairkan pekan ini tambah Nurbayah, maka dapat dipastikan pekan depan BLT DD tahap keempat sudah disalurkan kepada masyarakat.

DPMD Kabupaten Penajam Paser Utara menargetkan penyaluran bantuan tahap keempat senilai Rp300.000 tersebut paling lambat pada pekan keempat atau akhir September 2020.

“Kendati anggaran sudah tersedia di kas desa, tetap menunggu peraturan bupati menyangkut perubahan dana desa disahkan,” ungkap Nurbayah.

“Sebenarnya di sejumlah desa sudah ada disiapkan anggaran BLT DD itu, tapi tetap tidak boleh disalurkan selama peraturan bupati terkait perubahan dana desa belum selesai,” ucapnya.

Penyaluran BLT DD diharapkan Nurbayah, sudah bisa dilakukan pada akhir bulan ini karena untuk penyaluran tahap keempat, kelima dan keenam paling lama sampai akhir Desember 2020.

Penyaluran BLT DD tahap keempat tersebut awalnya dijadwalkan pada awal September 2020, namun kemudian ditunda karena dokumen peraturan bupati mengenai perubahan dana desa belum rampung dibahas Biro Hukum Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

Penerima BLT DD tahap keempat jumlahnya masih sama pada penyaluran BLT DD tahap satu, dua dan tiga yakni, sebanyak 3.464 KPM (keluarga penerima manfaat).

Nilai bantuan bersumber dari dana desa yang diberikan sebesar Rp300.000 untuk masing-masing  KPM tersebar di-30 desa di Kabupaten Penajam Paser Utara. (adv/bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.