DPMD Penajam: Pemilihan Anggota BPD Wajib Perhatikan Protokol Kesehatan

Ari B

Poto Plt Kepala DPMD Kabupaten Penajam Paser Utara, Alimuddin.

Penajam, helloborneo.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, mengingatkan setiap pelaksanaan pemilihan anggota Badan Permusyawaratan Desa atau BPD wajib memperhatikan protokol kesehatan.

“Desa yang akan laksanakan pemilihan anggota BPD agar memperhatikan protokol kesehatan,” tegas Plt Kepala DPMD Kabupaten Penajam Paser Utara, Alimuddin ketika dihubungi helloborneo.com, Minggu.

Selain diminta memperhatikan protokol kesehatan, pantia pelaksana juga diminta untuk menjaga ketertiban saat pelaksanaan pemilihan anggota BPD di masing-masing desa.

Ada 18 desa yang masih melakukan tahap persiapan pemilihan anggota BPD. Desa yang telah selesai melaksanakan pemilihan anggota BPD di antaranya, Desa Rawa Mulya di Kecamatan Babulu, Desa Api-Api dan Sesulu di Kecamatan Waru dan Desa Sukaraja di Kecamatan Sepaku.

“Kami minta desa yang akan laksnakan pemilihan BPD perhatikan protokol kesehatan dan ketertiban masyarakat saat pemilihan,” ujar Alimuddin.

Keputusan panitia pelaksana menyangkut mekanisme bergiliran di TPS (tempat pemungutan suara) lanjut ia, harus dipatuhi semua warga untuk mencgah penularan COVID-19.

“Desa yang sedang persiapan untuk laksanakan pemilihan harus patuhi hasil rapat yang menjadi keputisan panitia pelaksana,” ucap Alimudddin.

“Saat pandemi protokol kesehatan menjadi utama yang tidak boleh ditinggalkan agar tidak terjadi penularan virus corona,” tambahnya.

Masyarakat atau pemilih dan petugas, agar memakai masker saat proses pencoblosan pada pemilihan anggota BPD di 22 desa untuk periode 2020-2026 mengingat masih terjadi pandemi virus corona.

Dalam kondisi pandemi COVID-19, DPMD Kabupaten Penajam Paser Utara menginstruksikan kepada seluruh panitia pemilihan anggota BPD untuk menerapkan protokol kesehatan pencegahan virus corona.

Seluruh masyarakat diminta mengawasi proses pemilihan anggota BPD desa mengingat peran BPD menentukan perkembangan desa. Tahun ini ada 22 desa yang tersebar di wilayah Penajam Paser Utara laksanakan pemilihan anggota BPD untuk gantikan anggota periode sebelumnya. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.