Petugas Pemilihan Anggota BPD Datangi Rumah Warga Sakit dan Lansia

Ari B

Poto Petugas TPS Datangi Rumah Warga di Desa Karang Jinawi.

Penajam, helloborneo.com – Petugas pemilihan anggota Badan Permusyawaratan Desa atau BPD Karang Jinawi di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur mendatangi warga yang sakit dan lansia (lanjut usia) karena tidak dapat datang ke TPS (tempat pemungutan suara).

Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Penajam Paser Utara, Nurbayah saat dihubungi helloborneo.com, Minggu menjelaskan, antusias pemilih di Desa Karang Jinawi cukup tinggi, dari jumlah 779 pemilih sekitar 673 orang datang ke TPS.

“Petugas juga datangi rumah-rumah warga yang sedang sakit dan lansia yang tidak dapat datang ke TPS melakukan pencoblosan,” ungkapnya.

“Kami meninjau langsung proses pemilihan anggota BPD Karang Jinawi di Kecamatan Sepaku itu,” jelas Nurbayah.

Antusia warga lanjut ia, sangat tingg, sejak dibuka TPS mulai sekitar pukul 07.00 Wita, masyarakat sudah bergiliran datang untuk memenuhi haknya atau melakukan pencoblosan di TPS.

Lokasi pelaksanaan pemungutan suara pada pemilihan anggota BPD Karang Jinawi pada Kamis 17 September 2020 dibagi dua, TPS 1 pemilih yang datang sekitar 391 orang dan di TPS 2 sebanyak 282 orang.

Selain itu, petugas juga mendatangi sejumlah rumah warga lansia dan sakit yang tidak dapat datang ke TPS. Menurut Nurbayah ada tiga rumah yang didatangi petugas serta saksi.

“Tingkat pemilih anggota BPD Desa Karang Jinawi di Kecamatan Sepaku mencapai sekitar 78 persen,” ujarnya.

Pelaksanaan pemilihan anggota BPD Karang Jinawi kata Nurbayah, berjalan lancar dan dilaksanakan sesuai protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Sejauh ini tambah Nubayah, ada lima desa yang sudah menyelesaikan pemilihan anggota BPD untuk periode 2020-2026.

Sebanyak 22 desa di Kabupaten Penajam Paser Utara bakal menggelar pemilihan anggota BPD yang masa jabatannya berakhir pada 2019 dan awal 2020, biaya pemilihan anggota BPD berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Desa atau APBDes masing-masing desa. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.