Terdampar Jauh dari Laut, Bangkai Lumba-Lumba Hidung Botol Dievakuasi di Sungai Segah

Poto Istimewa.

Berau, helloborneo.com – Seekor lumba-lumba jenis hidung botol mati di Sungai Segah, Berau, sekitar Jalan Pulau Sangalaki. Terdampar sangat jauh dari lautan yang merupakan habitat dari spesies cerdas ini.

Bangkai satwa tersebut ditemukan pada Sabtu (19/9/2020) kemudian Dievakuasi tim Satuan Kerja Wilayah (SKW) I Berau, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kaltim, sekitar pukul 20.30 Wita.

Kepala BKSDA Berau, Dheny Mardiono, mengatakan bahwa dari hasil identifikasi dan konsultasi dengan para ahli serta mencocokkan beberapa foto, disimpulkan jika lumba-lumba tersebut jenis hidung botol. Dari hasil identifikasi, diketahui panjang lumba-lumba tersebut adalah 245 sentimeter dengan lingkar tubuh 125 sentimeter.

“Hasil identifikasi tak ada bekas luka akibat kekerasan di tubuh lumba-lumba ini,” ungkapnya, Senin (21/9/2020) saat ditemui awak media di kantornya.

Menurut Dheny, lumba-lumba tersebut masuk ke sungai atau air tawar diduga karena masalah dengan sonar atau gelombang suara yang dihasilkan serta dipantulkan untuk mendeteksi lingkungan sekitar. Membuat lumba-lumba tersebut kehilangan arah.

“Menurut para ahli dan logika memang diduga terjadi trouble terhadap sonar. Mungkin dia sakit atau ada penyebab lain dalam tubuh. Sehingga lumba-lumba ini sesat masuk sungai dan tak bisa menentukan jarak,” katanya.

Selepas dievakuasi, lumba-lumba tersebut tak langsung dikubur oleh BKSDA. Terlebih dulu dibungkus untuk memastikan tak diserang semut atau binatang lain, sambil menunggu keputusan identifikasi tambahan atau tidak. Setelah identifikasi telah final, baru penguburan dilakukan.

“Akan kita kubur yang dalam,” imbuh Dheny.

Diketahui Lumba-lumba hidung botol merupakan spesies terbesar dari lumba-lumba berparuh. Mendiami samudra beriklim sedang dan tropis Dengan kecerdasan yang memungkinkannya berinteraksi dengan manusia. Hingga populer dengan pertunjukan di akuarium maupun program televisi.

Lumba-lumba hidung botol merupakan spesies yang sangat sosial. Hidup berkelompok. Dari hanya sepasang hingga ribuan. Informasi dari berbagai sumber umumnya Lumba-lumba hidung botol ini terbagi antara kelompok indukan, remaja, hingga jantan dewasa. Kelompok lumba-lumba ini juga dikenal bekerja sebagai satu tim ketika mencari mangsa. (/sop/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.