BPBD Penajam Ajukan Tambahan Anggaran Kedaruratan Bencana

Ari B

Poto Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Penajam Paser Utara, Nurlaila.

Penajam, helloborneo.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, mengajukan tambahan anggaran kedaruratan untuk mengantisipasi dan menanggulangi bencana di daerah itu sampai akhir 2020.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Penajam Paser Utara, Nurlaila saat ditemui helloborneo.com, Selasa mengatakan, instansinya mengajukan tambahan dana kedaruratan bencana untuk penanganan bencana selama empat bulan terakhir ini.

Dana operasional kedaruratan bencana pada 2020 menurut dia, dialokasikan sekitar Rp600 juta.

Namun lanjut Nurlaila, saat ini hanya tersisa berkisar di bawah Rp100 juta, karena banyak terserap untuk penanggulangan bencana kebakaran lahan.

“Anggaran tanggap darurat bencana banyak terserap penanganan kebakaran lahan yang terjadi pada Februari hingga Maret 2020,” jelasnya.

“Kami ajukan tambah dana Rp200 juta pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah atau APBD Perubahan khusus untuk bidang kedaruratan sebagai antisipasi bencana di akhir 2020,” tambah Nurlaila.

Biasanya pada akhir tahun ia menimpali lagi, potensi kebakaran lahan di wilayah Penajam Paser Utara meningkat seiring datangnya musim kemarau.

Anggaran operasional BPBD Kabupaten Penajam Paser Utara secara keseluruhan ungkap Nurlaila, dialokasikan lebih kurang Rp800 sampai Rp900 juta.

“Dana operasional BPBD yang dialokasikan itu sama jumlahnya dengan anggaran operasional BPBD empat tahun terakhir,” ucapnya.

Sedangkan untuk anggaran Bidang Kedaruratan kata Nurlaila, instansinya meminta dialokasikan sendiri sebagai dana tanggap darurat bencana.

Namun dikarenakan ada masalah keuangan, sehingga belum dapat terpenuhi, dan BPBD Kabupaten Penajam Paser Utara sudah meminta penambahan untuk dana kedaruratan pada ABBD Perubahan 2020 sekitar Rp200 juta. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.