Dinas Lingkungan Hidup Penajam Siap Hadapi Penilaian Adipura

Ari B

Poto Pusat Bank Sampah di PPU.

Penajam, helloborneo.com – Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, telah melakukan persiapan untuk menghadapi tahap lanjutan penilaian Adipura 2020.

“Penilaian Adipura akan dilakukan tim penilai dari pusat,” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Penajam Paser Utara, Tita Deritayati ketika ditemui helloborneo.com, Rabu.

“Kami sudah persiapan untuk hadapi penilaian Adipura, itu menjadi tugas rutin kami setiap tahun sebagai upaya meraih Piala Adipura,” tambahnya.

Untuk meraih Piala Adipura 2020, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Penajam Paser Utara telah menyiapkan sejumlah titik lokasi penilaian.

Penilaian Adipura menurut Tita Deritayati, mengedepankan pengelolaan sampah perkotaan sebagai salah satu faktor penentu pada penilaian Adipura.

Salah satu titik yang dipersiapkan untuk penilaian Adipura lanjut Tita Deritayati, adalah pusat bank sampah di kawasan Pasar Induk Nenang.

Bank sampah tersebut sebagai penanganan sampah rumah tangga masyarakat sebelum diangkut ke tempat pembuangan akhir atau TPA Buluminung.

“Pengelolaan bank sampah itu terkait peran serta warga untuk ikut serta dalam penanganan sampah rumah tangga yang dihasilkan setiap harinya,” kata Tita Deritayati.

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Penajam Paser Utara juga telah menyampaikan dokumen strategi penanganan sampah (Jastrada) kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Namun untuk penilaian lanjutan di lapangan ungkap Tita Deritayati, belum ada kejelasan kapan akan dlakukan oleh tim penilai dari pusat.

Sejauh ini jelasnya, belum ada pemberitahuan kegiatan evaluasi menyangkut Adipura di masing-masing daerah, yang biasanya pada September sudah masuk penilaian Adipura. (bp/hb)               




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.