Tingkatkan Disiplin Warga Gunakan Masker, Satgas Covid19 Gelar Operasi Yustisi di Sejumlah Ruang Publik

Dok. Operasi Yustisi Penerapan Perbup Paser No. 78 Tahun 2020.

Paser, helloborneo.com – Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan dan Penyebaran Covid-19 Kabupaten Paser terus menggelar operasi yustisi, terkait Penerapan Peraturan Bupati (Perbup) Paser Nomor 78 Tahun 2020 tentang penegakan disiplin penerapan protokol kesehatan, khususnya pemakaian masker bagi masyarakat, terlebih di ruang publik.

Operasi yustisi pemakaian masker ini pun rutin dilakukan oleh satuan tugas (satgas) pencegahan penyebaran Covid-19 Kabupaten Paser, bersama mitra TNI-Polri dan unsur gabungan, diantaranya Dinas Perhubungan (Dishub) maupun Satpol PP.

Seperti yang dilakukan di Jalan Raden Suprapto dan simpang Plaza Kandilo, Kecamatan Tanah Grogot, Kabupaten Paser. Dalam razia itu, terjaring 7 orang pelanggar. Pelanggar diberikan sanksi dengan Pancasila,berjanji untuk mematuhi protokol kesehatan (Prokes) Covid-19.

“Ya masih ada seperti biasa. Yang jelas bagaimana kami menyosialisasikan dan mengedukasi pemakaian masker ini,” kata Kepala Bidang Pengamanan dan Penegakan Hukum Satgas Pencegahan Penyebaran Covid-19, Heriansyah Idris, Jumat (30/10/2020) lalu.

Dikatakannya, pemilik toko yang berada di sekitar Plaza Kandilo maupun para pengunjung sudah nampak mulai mengikuti Prokes yang berlaku di Kabupaten Paser.

“Masyarakat yang melalui jalan R Suprapto depan Kandilo Plaza tersebut baik roda dua roda empat nampak menggunakan masker. Namun ada tujuh orang pengguna jalan raya saat pelaksanaan Operasi Yustisi Prokes yang terjaring tidak mematuhi prokes yang berlaku dalam penggunaan masker,” sebutnya

Sementara dengan sanksi yang diberikan bagi pelanggar, didalam Perbup memang diterapkan sanksi administrasi Rp250 ribu untuk pelaku usaha, per orang Rp100 ribu.

“Tapi sampai saat ini masih kami berikan sanksi-sanksi sosial, karena Perbup-nya baru juga terbitnya. Ya, (sanksi sosial) kadang disuruh push up, membaca pancasila dan menyapu jalanan,” pungkasnya. (/sop/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.