Pemerintah Pusat Instruksikan Dana Desa Tahap Dua Prioritaskan BLT DD

Ari B

Foto Kabid Pemdes DPMD Kabupaten PPU, Nurbayah.

Penajam, helloborneo.comPemerintah pusat instruksikan dana desa tahap kedua diprioritaskan untuk BLT DD (bantuan langsung tunai dana desa) guna meringankan beban warga tidak mampu terdampak pendemi COVID-19, kata Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Nurbayah.

“Dana desa tahap kedua sebesar 15 persen dicairkan dan telah ditransfer ke kas masing-masing desa,” jelas Nurbayah ketika dihubungi helloborneo.com di Penajam, Sabtu.

Instruksi Menteri Keuangan lanjut Nurbayah, seluruh pemerintah desa wajib memprioritaskan dana desa tahap kedua untuk penyaluran bantuan tunai langsung.

Kemudian arahan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi tambahnya, penyaluran BLT DD tahap keempat harus tuntas paling lambat akhir Oktober 2020.

DPMD Kabupaten Penajam Paser Utara meminta 30 pemerintah desa melakukan percepatan penyaluran bantuan bersumber dari dana desa tahap keempat tersebut sesuai arahan kementerian.

“Sampai saat ini dari 30 desa hanya tersisa tiga desa yang belum salurkan BLT DD tahap empat, karena dalam proses administrasi,” kata Nurbayah.

“Kami harapkan penyaluran BLT DD tahap keempat itu selesai dalam bulan ini (Oktober 2020), jadi tahap kelima bisa disalurkan tepat waktu pada November 2020,” ujarnya.

Seluruh desa tegas Nurbayah, wajib lakukan percepatan penyaluran BLT DD tersebut karena arahan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Sehingga ia menimpali lagi, ditargetkan paling lambat penyaluran tahap terakhir bantuan tunai langsung bersumber dari dana desa tersebut rampung akhir Desember 2020.

“DPMD bakal menuntaskan penyaluran BLT DD tahap lima dan enam antara November dan Desember 2020,” ucap Nurbayah.

Penyaluran BLT DD tahap keempat, kelima dan keenam senilai Rp300.000 untuk masing-masing KPM (keluarga penerima manfaat) di-30 desa yang ada di Kabupaten Penajam Paser Utara. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.