KPU Balikpapan Lakukan Simulasi Pencoblosan dan Perhitungan Suara

Foto Istimewa.

Balikpapan, helloborneo.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Balikpapan melakukan simulasi pencoblosan dan penghitungan suara secara serentak di Indonesia.

Simulasi pencoblosan di TPS menerapkan protokol kesehatan dan dilaksanakan pukul 07.55 Wita bertempat di Jalan Tengiri IV RT 24 Manggar Baru, Balikpapan Timur.

Ketua KPU Balikpapan, Noor Thoha mengungkapkan, simulasi dilakukan agar masyarakat dan yang berada di TPS mengetahui proses Pilkada saat penerapan protokol kesehatan.

“Esensi Pilkada adalah, bagi warga yang datang ke TPS akan diberikan surat suara, selanjutnya surat suara akan dibawa ke bilik suara mencoblos, lalu dimasukkan ke kotak suara dan akan dihitung. Kemudian, dari hasil penghitungan akan diketahui siapa pemenang yang menjadi wali kota, bupati, gubernur, presiden, DPD, DPRD dan seterusnya,” tegasnya, Sabtu (21/11/2020)

Thoha menjelaskan, PPK dan PPS akan memberikan bimtek anggota KPPS yang bertugas di TPS. Sehingga saat simulasi terlihat anggota tidak maksimal, maka dapat diperbaiki sebelum 9 Desember 2020 mendatang.

“Kami sangat berterima kasih kepada Kelurahan Manggar Baru yang memberikan tempat simulasi menjelang Pilkada mendatang,” tegasnya.

Ia menambahkan, Pilkada sebentar lagi, sehingga waktu yang masih tersisa akan terus dimanfaatkan untuk konsolidasi persiapan seperti persiapan logistik, bimtek dan melaksanakan rapid tes bagi petugas yang ikut serta dalam Pilkada nanti, agar Pilkada berjalan lancar.(*adv/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.