Seluruh Anggota BPD Yang Baru Dilantik Bakal Diberi Pembekalan

Ari B

Foto Kabid Pemdes DPMD PPU, Nurbayah.

Penajam, helloborneo.com – Seluruh anggota Badan Permusyawaratan Desa atau BPD yang baru dilantik bakal diberikan pembekalan berupa bimbingan teknis sebelum mulai bekerja, kata Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Nurbayah.

“Bimbingan teknis dijadwalkan dilaksanakan di Kota Balikpapan pada Desember 2020,” jelas Nurbayah ketika ditemui helloborneo.com di Penajam, Senin.

Pembekalan yang akan diberikan yakni, tugas dan peran BPD dalam pemerintahan desa termasuk tahapan musyawarah desa,cara menyusun Rancangan Anggaran Pendapatan Belanda Desa atau R-APBDes, serta APBDes.

Pelaksanaan bimbingan teknis tersebut sudah mendapat izin dari Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas’ud.

Dijadwalkan pembekalan terhadap anggota BPD terpilih digelar mulai 3 sampai 6 Desembar 2020. Di salah satu Hotel di Kota Balikpapan.

Pemateri bimbingan teknis tersebut menurut Nurbayah, dari Kejaksaan Negeri Kabupaten Penajam Paser Utara, dosen Institut Pemerintahan Dalam Negeri atau IPDN dari Kota Makassar, Sulawesi Selatan, serta dari Bidang Pemerintahan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

Namun peserta pembekalan dibatasi masing-masing desa hanya tiga orang untuk menerapkan protocol kesehatan pencegahan penyebaran virus corona atau COVID-19.

“Kegiatan bimbingan teknis itu hanya diperuntukkan bagi anggota BPD terpilih yang sudah dilantik,” tegas Nurbayah.

Ia berharap melalui kegiatan pembekalan seluruh anggota BPD dapat mengetahui dan memahami tugas dan fungsi dalam pemerintahan desa. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.