Sekretariat KPU Kaltara Kunjungi Percetakan di Jatim Untuk Perbaikan 8.393 Surat Suara yang Rusak

Gambar Surat Suara Setelah Disortir.

Bulungan, helloborneo.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimatan Utara (Kaltara) berinisiatif lakukan jemput bola ke percetakan di Surabaya, Jawa Timur akhir pekan lalu, terkait perihal perbaikan surat suara yang dinyatakan rusak.

Menurut Ketua KPU Kaltara, Suryana Al Islami, hasil rekapitulasi sortir dan lipat, pihaknya menemukan 8.393 lembar surat suara yang rusak. Tak ingin menunggu lama, bagian sekretariat pun menuju ke percetakan di Surabaya, Jawa Timur, menyampaikan kerusakan dan pergantian.

“Berdasarkan rekapitulasi sortir dan 8.393 lembar surat suara yang kami temukan mengalami kerusakan, kemudian mengutus teman teman di sekretariat untuk langsung ke percetakan menyampaikan kerusakan dan pergantian “ kata Suryanata Al Islami, Senin (30/11/2020) lalu.

Pegawai sekretariat nantinya, tidak lagi menunggu pengiriman dari percetakan, melainkan langsung membawa pulang hasil cetak perbaikan surat suara yang lebih dari 6.000 lembar ke Kaltara.

“Nantinya surat suara yang telah diperbaiki akan didistribusikan ke daerah terdekat, seperti di Kabupaten Bulungan atau Kota Tarakan. Kita tidak lagi menunggu melainkan menjemput, dan langsung dibawa pulang, sedangkan penggantinya akan kami taruh di tempat pemungutan suara terdekat (TPS),” ungkap Suryanata.

Saat ini diketahui hasil perbaikan suara surat telah selesai dicetak, sortir, dan mulai dikemas. Rencananya pada 2 Desember 2020, surat suara perbaikan sebanyak 8.393 lembar tersebut akan mulai diberangkatkan dari Surabaya menuju Kalimantan Utara.

“Posisi sekarang sudah selesai cetak, selesai sortir, dan selesai packing. Insyaallah besok (Rabu,2/12/2020) pagi diberangkatkan dari Surabaya ke Kalimantan Utara) “ tutup Suryanata melalui pesan singkat pada Selasa (01/12/2020)

Diketahui surat suara terbanyak yang rusak dari berasal dari Kota Tarakan dengan jumlah pemilih tetap terbanyak yakni 146.914 pemilih, dari total 435.604 lembar surat suara yang dicetak.

Kerusakan yang terjadi seperti hasil cetak yang buram, kemudian banyak bercak, serta kekurangan cetak foto pasangan calon. (/sop/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.