Dandim 0913/Penajam Lakukan Monitoring Pembentukan Posko-Posko PPKM

Bagus Purwa

Foto Istimewa.

Penajam, helloborneo.com – Komandan Kodim atau Dandim 0913/Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Letkol Inf Dharmawan melakukan monitoring pembentukan posko-posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala Mikro di desa dan kelurahan untuk pengendalian COVID-19.

“Sebagai aparat teritorial di wilayah Penajam Paser Utara terkait pemberlakuan PPKM Mikro kami turun melakukan monitoring pembentukan posko-posko di desa dan kelurahan,” ujar Dharmawan ketika ditemui hellobrneo.com di Penajam, Kamis.

“Dalam monitoring itu kami berikan arahan dan masukan, apa saja kelengkapan yang harus ada di dalam posko-posko PPKM Mikro,” tambahnya.

Kegiatan monitoring lanjut Dharmawan, dapat memberikan dukungan moril bagi aparat desa dan kelurahan serta instansi terkait pemberdayaan untuk melaksanakan PPKM Mikro.

Kegiatan tersebut juga menurut dia, sesuai instruksi pemerintah untuk melakukan penanganan terhadap warga yang terpapar virus corona, baik yang dirawat di Rumah sakit maupun yang dikarantina.

Warga Kabupaten Penajam Paser Utara yang terpapar COVID-19 ada diisolasi di kompleks Rusunawa (rumah susun sewa) dan ada yang melakukan karantina mandiri.

“Ini kepanjangan tangan dari pemerintah, kami mendengar apa kendala program penanganan COVID-19 yang ada di lapangan dan akan disampaikan kepada yang berwenang,” jelas Dharmawan.

“Laporan kendala di lapangan itu agar ada sinkronisasi pemerintah pusat, pemerintah provinsi serta pemerintah kabupaten sampai desa, kelurahan dan RT,” ucapnya.

Personel dalam posko PPKM Mikro tersebut memberdayakan aparat desa dan kelurahan serta RT, kemudian Babinsa, Bhabinkamtibmas, tenaga kesehatan dan relawan.

Posko-posko PPKM Mikro di setiap desa dan kelurahan tersebut merupakan bentuk kepedulian gotong-royong masyarakat dalam menjalan program penanganan mewabahnya virus corona.

“Memang belum semua posko PPKM Mikro desa dan kelurahan bisa beroperasi karena semua butuh tahapan atau proses, tapi diharapkan semua posko segera dapat difungsikan,” kata Dharmawan. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.