DPMD Penajam Instruksikan Panitia Pemilihan BPD Data Ulang Jumah Pemilih

Ari B

Foto Kabid Pemdes DPMD PPU, Nurbayah.

Penajam, helloborneo.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, menginstruksikan kepada panitia pemilihan anggota Badan Permusyawaratan Desa atau BPD agar mendata ulang jumlah pemilih.

“Pendataan ulang jumlah pemilih atau DPT (daftar pemilih tetap) diperlukan untuk menentukan jumlah TPS (tempat pemungutan suara),” ujar Kepala Bidang Pemerintahan Desa DPMD Kabupaten Penajam Paser Utara, Nurbayah ketika ditemui helloborneo.com di Penajam, Rabu.

Sesuai arahan pemerintah pusat menurut dia, jumlah TPS dan jumlah pemilih dalam satu TPS harus dibatasi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

Desa yang melaksanakan pemilihan anggota BPD pada tahun ini (2021) lanjut Nurbayah, dua desa di Kecamatan Babulu yakni, Desa Labangka dan Labangka Barat.

Estimasi jumlah DPT jelasnya, mencapai sekitar 2.000 orang per desa dengan masing-masing TPS dibatasi maksimal 500 orang dengan pengaturan jam pencoblosan.

“Satu desa kami harapkan satu TPS  tidak boleh lebih dari 500 orang. Labangka jumlah DPT sekitar 2.000 orang, begitu juga Labangka Barat,” kata Nurbayah.

“Kami harapkan ada lima TPS untuk masing-masing desa agar tidak terlalu banyak orang saat pencoblosan dalam satu TPS,” ucapnya. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.