Refocusing Akibat Pendemi, Pagu Anggaran Beasiswa Paser Belum Dipastikan di APBD-P 2021

Foto Plt Kepala Bagian Kesra Setda Paser, Alwi Tjae.

Tana Paser, helloborneo.com – Penyesuaian Anggaran (Refocusing) akibat pandemi menyebabkan beasiswa yang akan disalurkan oleh Pemerintah Kabupaten Paser 2021 belum mendapatkan kepastian pada anggaran perubahan (APBD-P 2021).

Plt Kepala Bagian Kesra Setda Paser, Alwi Tjae mengatakan tahun 2020 anggaran beasiswa sebenarnya telah disiapkan, namun akibat pandemi Covid-19, dana yang telah disiapkan harus dihapus.

“Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) memberikan anggaran lebih kecil daripadan 2020, pagu awal kami di 2021 untuk Kesra Rp1,2 miliar, itupun bukan untuk beasiswa,” terangnya, Senin (22/03/2021).

Dikatakan, dari anggaran yang disediakan hanya untuk kegiatan rutin yaitu memfasilitasi haji, dan kegiatan kantor.

“Kami yang wajib itu, memfasilitasi kegiatan haji, anggarannya-pun membutuhkan biaya sekitar Rp800 juta, ditambah lagi untuk pembayaran gaji DAI pembangunan, sisanya untuk operasional Kesra,” tegasnya.

Disinggung, mengenai anggaran beasiswa masuk APBD-P 2021, ia mengatakan tergantung yang memberikan anggaran.

“Kami selalu memberikan telaah staf kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan oleh kesra, namun lagi-lagi tergantung dari kemampuan anggaran daerah,” tambahnya.

Alwi menyampaikan untuk tahun 2022 sudah ada Ranual Rencana Kerja (Renja) Awal. Ia juga mengatakan saat ini Kesra sudah menyiapkan Kegiatan sesuai dengan program kerja Bupati terpilih.

Diperkirakan anggaran yang disediakan mencapai Rp2 miliar dan hanya diperuntukkan untuk mahasiswa, berkaitan dengan beasiswa yang akan diberikan kepada pelajar, Kesra masih akan membahas bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Paser. (/sop/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.