Penerapan penutupan jalan di Kabupaten Berau. (Nita Rahayu)

Kodim 0902/Berau Nilai PPKM Belum Turunkan Penyebaran COVID-19

Nita Rahayu

Penerapan penutupan jalan di Kabupaten Berau. (Nita Rahayu)
Penerapan penutupan jalan di Kabupaten Berau. (Nita Rahayu)

Berau, helloborneo.com – Komando Distrik Militer atau Kodim 0902/Berau menilai penerapan PPKM (pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat) belum optimal menurunkan penyebaran COVID-19 di Bumi Battiwakkal (sebutan Kabupaten Berau).

Komandan Kodim atau Dandim 0902/Berau Letkol Inf Fardin Wardhana saat ditemui helloborneo.com di Berau, Kamis mengatakan, PPKM telah berlangsung sekitar satu pekan belum menurunkan kasus COVID-19.

“PPKM yang diterapkan itu masih kurang, ada sekitar 90 kasus positif per hari, tapi kami terus berupaya,” ujarnya.

Namun dengan penerapan PPKM menurut Fardin Wardhana, mobilitas massa setidaknya dapat dikontrol, terlihat dari tidak ada lagi warga yang berkumpul di area publik, lebih dari pukul 20.00 Wita.

“Mobilitas massa bisa kami kendalikan, dipresentasikan turunnya mencapai sekitar 70 persen dari biasanya,” ucapnya.

Upaya lain yang dilakukan lanjut Fardin Wardhana, yakni penyekatan di 11 titik jalan di Tanjung Redeb, Gunung Tabur, Kelay, dan Talisayan, serta juga diadakan tes rapid antigen secara acak, kepada pengendara yang melintas.

Apabila ditemukan adanya pengendara yang positif, maka akan langsung di serahkan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Berau untuk pemeriksaan lebih lanjut. 

“Jika pengendara yang ditemukan positif merupakan warga dari luar Berau, maka diarahkan untuk kembali ke daerah asalnya,” 

Selain pemeriksaan di pos-pos penyekatan, juga diadakan pemeriksaan di bandara, hal itu agar meminimalisir terjadinya pemalsuan hasil antigen atau usap (swab) PCR penumpang. (bp/tan)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.