Keluarga Jenazah COVID-19 di Penajam Diizinkan Ikuti Proses Pemakaman

Bagus Purwa

Penajam, helloborneo.com – Keluarga jenazah pasien COVID-19 di Kabupaten Penajam Paser Utara, diizinkan mengikuti proses pemakaman, kata Kepala Dinas Kesehatan setempat Jense Grace Makisurat.

“Kami izinkan keluarga jenazah akibat virus corona terlibat dalam proses pemakaman,” ujar Grace Makisurat ketika dihubungi helloborneo.com di Penajam, Sabtu.

Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara juga mengizinkan keluarga jenazah pasien COVID-19 terlibat proses pemulasaran.

Namun sebelum mengikuti proses pemulasaran dan pemakaman, keluarga jenazah pasien COVID-19 harus memahami SOP (standar operasional prosedur).

“Keluarga jenazah akibat virus corona diberikan pemahaman terkait SOP sebelum melakukan pemulasaran dan pemakaman,” ucap Grace Makisurat.

Selain keluarga jenazah pasien COVID-19 lanjut ia, aparat kelurahan dan desa juga dapat terlibat dalam proses pemulasaran dan pemakaman.

SOP pemulasaran dan pemakaman yang diberikan kepada aparat desa dan kelurahan, serta keluarga jenazah akibat virus corona sesuai standar Kementerian Kesehatan.

Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara juga memberikan pelatihan pemulasaran dan pemakaman jenazah pasien COVID-19 kepada aparat desa dan kelurahan.

Pemakaman jenazah pasien COVID-19 saat ini diserahkan kepada desa dan kelurahan tempat pasien sebelumnya tinggal.

Pemakaman pasien virus corona yang meninggal dunia kepada pemerintahan desa dan kelurahan agar tenaga kesehatan tidak kelelahan.

Tenaga medis di puskemas selain melakukan pelacakan (tracking) COVID-19, juga melayan vaksinasi serta merawat pasien. (bp/tan)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.