Desa Tapis Libatkan BPBD Kabupaten Paser Semprot Disinfektan dari Rumah ke Rumah

TB. Sihombing

Dok. Kegiatan Penyemprotan Disinfektan.

Paser, Helloborneo.com – Pemerintah Desa Tapis Kecamatan Tanah Grogot, Kabupaten Paser, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Paser, melakukan penyemprotan disinfektan dari rumah ke rumah, selasa sore (27/07/2021).

Penyemprotan itu dilakukan tak lain untuk menekan angka penyebaran Covid-19 di Desa Tapis, setelah sehari sebelumnya Kepala Desa Tapis, Dody Ismanu, menyurati BPBD Kabupaten Paser untuk permintaan penyemprotan disinfektan di 9 RT.

“Kita menyurati BPBD Kabupaten Paser untuk permohonan penyemprotan, mengingat adanya sejumlah penyebaran kasus Covid-19 di Desa Tapis, ini ditujukan guna menghindari penyebarluasan kasus di tingkat Desa.” Kata Dody Ismanu.

Pihaknya menambahkan, sebagai wilayah dengan jumlah penduduk yang cukup padat, Desa Tapis perlu melibatkan Satgas Penangan Covid 19 Kabupaten Paser dalam penanganan Covid-19 di Desa.

Pasalnya Desa Tapis merupakan wilayah dengan jumlah penyebaran kasus Covid-19 tertinggi kedua dari 9 Kelurahan Desa di Kecamatan Tanah Grogot, setelah Kelurahan Tanah Grogot, yang berada di peringkat pertama.

“Ini bentuk keseriusan Pemerintah Desa dalam menekan angka penyebaran kasus. Penyemprotan ini juga berdasarkan hasil 3T (tracing, treasing, treatmen) dengan hasil 33 warga positif tanpa gejala yang menjalani Isolasi Mandiri.” Tambah Dody.

Adapun penyemprotan ini dipastikan merata di 9 RT, dengan mekanisme dari rumah ke rumah serta fasilitas umum di Desa Tapis. Sementara untuk hari pertama penyemprotan dilaksanakan di 2 RT dan selanjutnya di 7 RT lainnya.

“Hari ini 2 RT, kalau besok sisanya. Karena pelaksanaan ini baru dimulai tadi. Sehingga selebihnya dilaksanakan besok. Kami berharap dari masyarakat juga mengikuti anjuran Pemerintah untuk menerapkan protokol kesehatan.” Pungkas Dody. (tb/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.