Rutan Kelas II B Tanjung Redeb Gelar Vaksin Untuk Warga Binaan

Foto Istimewa.

Berau, helloborneo.com – Vaksinasi dilakukan kepada sejumlah warga binaan rumah tahanan (Rutan) Kelas II B Tanjung Redeb kabupaten Berau, Kamis (26/8/2021).

Kepala Rutan Kelas II B Tanjung Redeb Kabupaten Berau, Puang Dirham mengatakan vaksin yang di
berikan tersebut merupakan jenis astrazeneca, kepada 300 warga binaan serta petugas rutan.

“Ada 300 orang yang divaksin hari ini, baik dari warga binaan, maupun petugas, kemarin juga telah ada yang divaksin saat hari kemerdekaan,” ungkapnya.

Meski hanya sebagian dari 700-an warga binaan yang terdata mendapatkan vaksin, namun menurut Dirham kekurangan  tersebut karena kuota vaksin yang diberikan, masih terbatas, sehingga didahulukan untuk warga binaan yang telah mendaftar.

“Antusias warga binaan sangat luarbiasa, target kita semua tervaksin, tapi yang menerima ini mereka yang mendaftar lebih dulu,” tambahnya.

Selanjutnya seluruh warga binaan yang masih belum menerima vaksin, akan menyusul ketika mendapatkan tambahan lagi baik dari dinas kesehatan, maupun TNI Polri, untuk saat ini vaksin berasal dari Polri melalui Polres Berau.

Puang Dirham juga mengatakan, vaksinasi di Rutan Kelas II B Tanjung Redeb ini, sebagai bentuk kepedulian kepada warga binaan, sebab mereka juga berhak mendapatkan kesempatan yang sama, dengan masyarakat lainnya.

Dalam kesempatan itu, Wakapolda Kalimantan Timur, Brigjen Pol Hariyanto, turut hadir menyaksikan vaksinasi di Rutan Kelas II B Tanjung Redeb.

Hariyanto mengatakan, dalam kurun waktu tiga bulan kedepan, akan disalurkan tambahan vaksin lagi, bisa digunakan untuk penyuntikan kedua ataupun pertama, direncanakan tiga bulan kedepan karena jenisnya astrazeneca, sehingga tahap dua harus dilakukan tiga bulan lagi.

“Karena astazeneca, maka dikirim tiga bulan lagi, kalau sinovac kan penyuntikannya beberapa minggu kemudian”, paparnya.

Diharapkan dengan adanya vaksinasi ini,  timbul ketahanan imunitas atau herd immunity. Disisi lain kondisi pelayanan di Rutan kelas II B Tanjung Redeb menurut wakapolda, sangat baik dan telah sesuai dengan SOP yang berlaku. (nr/sop/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.