DP3AP2KB PPU Diganjar Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya 2020

Foto Plt Sekda Muliadi Saat Menerima Piala Anugerah Parahitya Ekapraya (APE) Tahun 2020.

Penajam, helloborneo.com – Dinas Pemberdayaaan Perlindungan Perempuan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Penajam Paser Utara mendapat penghargaan Anugerah Parahitya Ekapraya (APE) Tahun 2020.

Piala penghargaan APE Kategori Pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Republik Indonesia ini, diterima oleh Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah, Muliadi di ruang kerjanya, Selasa.

Penghargaan Anuegrah Parahitya Ekapraya (APE) merupakan penghargaan yang diberikan kepada kementerian/lembaga, Provinsi, pemerintah daerah Kabupaten/Kota yang dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, serta memenuhi kebutuhan anak.

Menurut Plt Sekretaris Daerah, Muliadi penghargaan tingkat nasional ini menjadi kebanggaan pemerintah sekaligus seluruh masyarakat di Benuo Taka, sebutan lain untuk Kabupaten Penajam Paser Utara.

Perolehan ini, ditambahkan Muliadi tidak terlepas dari kerja keras dan program pembangunan yang telah dicanangkan Bupati Penajam Paser Utara, Abdul Gafur Mas’ud.

Yaitu menjadikan Kabupaten PPU lebih maju, modern dan religius dengan mendorong keadilan gender sesuai Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2000 tentang Pengarusutamaan Gender dalam pembangunan nasional.

“Sejak tahun 2018 Pemerintah Kabupaten PPU berkomitmen menciptakan keadilan bagi SDM perempuan, dan itu diatur dalam Peraturan Bupati Nomor 30 Tentang Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender”. kata Muliadi

Sementara Plt. Kepala Dinas Pemberdayaaan Perlindungan Perempuan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Siti Aminah berharap pemerintah pusat terus berkomitmen dan mendukung pelaksanaan Pengarusutamaan Gender (PUG) di kabupaten/kota.

“Ada empat kategori Penerimaan APE Tahun 2020 meliputi tingkat pratama (pemula), madya (pengembangan), Utama (peletakan dasar dan keberlanjutan) dan mentor. Bersyukur Kabupaten PPU berhasil menerima Penghargaan Pratama karena sejumlah kriteria dan penilaian dipenuhi”. jelas Siti Aminah.

Penghargaan APE Tahun 2020 dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Republik Indonesia ini hanya diberikan kepada lembaga/Pemerintah Kabupaten/Kota yang dinilai berhasil dalam mencapai dan mewujudkan komitmennya dalam pencapaian kesetaraan gender. (adv/Hms13/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.