Nelayan Penajam Paser Utara Diimbau Waspadai Gelombang Tinggi

Bagus Purwa

Foto Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Penajam Paser Utara, Nurlaila.

Penajam, helloborneo.com – Nelayan Kabupaten Penajam Paser Utara, diimbau mewaspadai ancaman gelombang tinggi di wilayah perairan akibat cuaca ekstrem.

“Cuaca tidak menentu sering terjadi,” ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Penajam Paser Utara, Nurlaila ketika dihubungi helloborneo.com di Penajam, Senin.

“Cuaca ekstrem yang berubah-ubah bisa saja menyebabkan terjadinya gelombang tinggi di perairan,” tambahnya.

Masyarakat nelayan dan para penyedia jasa penyeberangan laut lanjut Nurlaila, diminta lebih memperhatikan peralatan dan kelengkapan keamanan sebelum melaut.

Nelayan yang akan melaut harus benar-benar memastikan peralatan keamanan yang bakal digunakan.

Sebaiknya sebelum melaut menurut Nurlaila, pantau terlebih dahulu atau menunda melaut karena gelombang tinggi bisa terjadi sewaktu-waktu.

Bukan saja nelayan jelasnya, segala aktivitas transportasi di laut juga berbahaya, sebaiknya waspada karena cuaca tidak menentu.

“Memaksakan melaut di musim yang tdak menentu akan membahayakan keselamatan sebab selain gelombang tinggi, angin kencang juga berpotensi muncul,” kata Nurlaila.

Tingginya gelombang laut ia menimpali lagi, tentunya sangat mengancam dan membahayakan kapal nelayan dan aktivitas lainnya.

BPBD Kabupaten Penajam Paser Utara meminta warga terutama di wilayah pesisir untuk selalu waspada potensi gelombang tinggi dan angin kencang.

Penyedia dan pengguna jasa pelayaran juga diingatkan berhati-hati dan waspada terhadap cuca ekstrem yang berpotensi akibatkan gelombang besar. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.