Narkoba, Oknum Polisi di Polres Berau Diberhentikan Tidak Hormat

N Rahayu

Berau, helloborneo.com – Satu personil Polres Berau Aipda NI dijatuhi sanksi Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PDTH). Menurut Kasi Propam Polres Berau Iptu H Simalungo, pelanggaran yang dilakukan bukan hal kecil, hal itu karena berdasarkan Putusan Pengadilan Negeri Tanjung Redeb, NI terbukti melakukan tindak pidana narkoba.

“NI dalam hal ini narkotika golongan I jenis sabu-sabu,” ungkapnya. Kasi Propam melanjutkan, atas perbuatan itu NI dijatuhi hukuman pidana penjara 4 tahun, dandenda sebanyak RP1 miliar.

“Ia akan dijatuhi hukuman penjara, dan denda. Jika dendanya tidak dibayar, maka diganti dengan pidana penjara 3 bulan,” paparnya. Tidak hanya itu, atas pelanggaran yang dilakukan NI, Komisi Kode Etik Polri (KKEP) menjatuhkan sanksi Pemberhentian Dengan Tidak Hormat (PDTH).

Perbuatan NI ditegaskan Kasi Propam sesuai pasal 11 huruf C peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia nomor 14 tahun 2021 tentang kode etik profesi kepolisian negara Republik Indonesia juncto pasal 12 ayat (1) huruf a peraturan pemerintah Republik Indonesia nomor 1 tahun 2003 tentang pemberhentian anggota polri.

Sementara itu, Kapolres Berau AKBP Anggoro Wicaksono menuturkan tindakan tegas diberikan kepada siapapun personelnya, apabila melanggar kode etik.

“Saya tidak mau kedepan ada kejadian seperti ini lagi, kasihan anggota yang bekerja keras tapi harus tercoreng karena kelakuan satu orang,” tegasnya. (tan)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.