Bongkar Sindikat Pengedar, Polisi Amankan 3,179 Kg Sabu

Yor MS

Kapolresta Balikpapan Kombes Pol. Vincentius Thirdy Hadmiarso didampingi Kasatresnarkoba AKP Tasimun saat konferensi pers pengungkapan peredaran 3.179 KG sabu sabu di Mapolresta Balikpapan Jumat, 5 November 2021. (RMS)
Kapolresta Balikpapan Kombes Pol. Vincentius Thirdy Hadmiarso didampingi Kasatresnarkoba AKP Tasimun saat konferensi pers pengungkapan peredaran 3.179 KG sabu sabu di Mapolresta Balikpapan Jumat, 5 November 2021. (RMS)

Balikpapan, helloborneo.com – Sindikat peredaran narkotika jenis sabu berhasil terbongkar oleh jajaran Satresnarkoba Polresta Balikpapan. Sebanyak 3,179 kilogram (kg) sabu disita petugas dari tangan dua tersangka yakni RB (27) dan HU (30).

Bermula dari informasi dugaan transaksi sabu di sekitar Jalan Mayjen Sutoyo, Klandasan Ilir, Balikpapan Kota pada Rabu (3/11/2021) malam. Melalui penyelidikan di lokasi polisi kemudian mendapati tersangka RB yang sedang menunggu seseorang sambil duduk di atas sepeda motornya.

Mengamati situasi tersebut, petugas kemudian menghampiri RB yang gerak-geriknya mencurigakan. Saat digeledah, ditemukan satu plastik bening berisi sabu yang disembunyikan RB dalam sebuah kotak rokok.

“Informasi tersebut kita tindak lanjuti. Dan betul pada saat itu kita amankan satu orang pelaku atas nama RB. Ternyata dalam saku pelaku kita temukan ada satu paket seberat 0,4 gram,” beber Kapolresta Balikpapan Kombes Pol. Vincentius Thirdy Hadmiarso didampingi Kasatresnarkoba, AKP Tasimun di Mapolresta, Jumat (5/11/2021) siang.

Tanpa perlawanan, RB langsung mengaku bahwa paket narkotika tersebut adalah miliknya. Sedianya, sabu tersebut hendak dia edarkan kepada seorang pemesan.
Namun, saat interogasi awal RB mengelak, dengan mengaku bahwa tidak ada sabu lain yang dia sembunyikan. Polisi pun menelusuri asal muasal sabu tersebut hingga sampai ke tangan RB.

Kemudian, muncul satu lagi nama yang dicurigai sebagai pemasok berinisial HU. RB pun digiring petugas untuk menunjukan keberadaan HU.

Keesokan harinya, tepatnya Kamis (4/11) sekutar pukul 11.00 WITA, anggota Satresnarkoba mengamankan HU yang sedang berada di rumah kontrakannya di Jalan Strat VI, Gunung Samarinda Balikpapan Utara. Upaya penggeledahan di lokasi ini kemudian menemukan 26 paket sabu sabu seberat 3,179 Kg

“Menurut pengakuan dari pelaku HU, bahwa sabu ini berasal Samarinda. Dan pengakuannya lagi, baru memasok satu kali. Tapi akan kita terus dalami,” timpalnya.

HU dan RB kini menjalani penahanan di rutan Mapolresta Balikpapan guna penyidikan lebih lanjut. Keduanya dijerat dengan pasal 114 (2) subsidair pasal 112 (2) UU No. 35 Tahun 2009 yang ancaman hukumannya minimal 6 Tahun. (sop/tan)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.