Taliban Gelar Parade Militer Menggunakan Peralatan Amerika Serikat dan Rusia

Tun MZ

Kabul, helloborneo.com – Pasukan Taliban menggelar parade militer menggunakan kendaraan lapis baja buatan Amerika dan helikopter Rusia yang mereka ambil, dalam balutan peragaan yang menunjukkan transformasi berkelanjutan mereka dari pasukan pemberontak menjadi tentara tetap di Kabul, Minggu (14/11)

Taliban beroperasi sebagai pemberontak selama dua dekade terakhir. Namun, semenjak pemerintahan Afghanistan yang didukung Barat jatuh Agustus lalu, mereka telah menggunakan pasokan besar persenjataan dan peralatan yang ditinggalkan untuk merombak pasukan mereka. Parade itu diselenggarakan sehubungan dengan kelulusan 250 tentara yang baru dilatih, kata juru bicara kementerian pertahanan Taliban.

Parade itu melibatkan lusinan kendaraan keamanan lapis baja M117 buatan AS yang melaju perlahan di jalan utama Kabul dengan helikopter MI-17 rancangan Rusia berpatroli di atasnya. Banyak tentara membawa senapan serbu M4 buatan Amerika.

Sebagian besar senjata dan peralatan yang sekarang digunakan pasukan Taliban sebelumnya dipasok Washington untuk pemerintah Afghanistan yang didukung AS, dalam upaya untuk membangun pasukan nasional Afghanistan yang mampu memerangi Taliban. (voa/tan)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.