Sembilan Pemancing Selamat Setelah Lima Jam Terapung Di Perairan Selat Makassar

Yor MS

Salah satu pemancing saat dievakuasi ke KN Wisanggeni oleh tim SAR gabungan. (Ist)

Balikpapan, helloborneo.com – Sembilan orang yang terdiri dari awak dan pemancing ditemukan selamat setelah kapal nelayan yang ditumpangi mengalami insiden mati mesin dan terombang-ambing selama lima hari di Selat Makassar.

Informasi yang diperoleh helloborneo.com di Balikpapan, Senin, kapal motor nelayan tersebut bertolak dari Pelabuhan Chevron, Balikpapan sekira pukul 06.30 Wita pada Minggu (12/12).
Di tengah pelayaran, mesin kapal mengalami masalah, hingga kemudian terombang-ambing di tengah laut lebih dari lima jam.

Insiden tersebut selanjutnya dilaporkan ke Kantor SAR Balikpapan pada pukul 20.10 Wita, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Balikpapan, Melkianus Kotta membenarkan adanya laporan atas insiden itu.

Kemudian ditindaklanjuti dengan menerjunkan personel untuk melakukan pencarian dan evakuasi, Kapal nahas terdeteksi berjarak sekitar 20 mil laut ke arah selatan tenggara dari garis pantai.

“Kami menerima laporan kecelakaan kapal yang mati mesin di perairan Balikpapan. Dengan jumlah POB sebanyak 9 orang,” jelasnya ketika ditemui helloborneo.com.

Selang dua jam kemudian, tim rescue Kansar Balikpapan dibantu unsur SAR lain antara Polairud Polda Kaltim, Satpolair Balikpapan serta KP3 Semayang berhasil mencapai lokasi kejadian dan melakukan evakuasi terhadap kru kapal dan pemancing.

Sembilan awak dan penumpang kapal, yakni Rahmat (30 tahun), Poniman (36 tahun), Sarwani (42 tahun), Herman (42 tahun), Ramdan (41 tahun), Yunus (45 tahun), Slamet (34 tahun), Rustam (29 tahun), dan Alamsyah (18 tahun) dievakuasi menggunakan KN Wisanggeni menuju dermaga Somber, Balikpapan.

“Kemudian tim rescue Kansar Balikpapan menggunakan KN Wisanggeni beserta potensi SAR lainnya menuju ke LKP,” ujar Melkianus Kotta.

Para kru kapal dan pemancing akhirnya berhasil tiba di darat, Senin (13/12) sekitar pukul 01.30 Wita, dan seluruhnya dievakuasi dalam kondisi selamat. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.