Wali Kota Balikpapan Optimistis Direksi Baru Majukan Perumda Manuntung

Yor MS

Wali Kota Balikpapan, Rahmad Masud melantik Dewan Direksi Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Manuntung Sukses periode 2021-2026.

Balikpapan, helloborneo.com – Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud optimistis lima direksi Perusahaan Umum Daerah atau Perumda Manuntung Sukses yang baru dilantik pada Selasa (14/12) dapat memajukan perusahaan milik daerah itu.

“Optimistis lima direksi yang lolos dari seluruh tahapan lelang terbuka dapat memajukan Perumda Manuntung Sukses,” ujar Rahmad Mas’ud ketika ditemui helloborneo.com di Balikapan, Rabu.

Minimal di bawah kepemimpinan para direksi yang terpilih tersebut, Perumda Manuntung Sukses dapat berkontribusi bagi PAD (pendapatan asli daerah) lebih baik daripada direksi periode sebelumnya.

Baik maupun buruknya Perumda Manuntung Sukses ke depan, menurut Wali Kota, akan bergantung pada kinerja kelima direksi baru tersebut.

“Dengan proses (seleksi) yang panjang, sangat terbuka dan profesional, saya yakin ini orang-orang pilihan yang akan mampu membawa perusda lebih baik,” kata Rahmad Mas’ud.

Lima direksi Perumda Manuntung Sukses yang baru dilantik tersebut Agus Dwi Henanto, ST, Andi Sangkuru, SE, Ir. Gunawan, ST, Joko Subiyanto, SSiT, MH, dan Salman Farisi, ST, mereka menyisihkan 14 kandidat lain pada seluruh tahapan seleksi.

Untuk struktur direksi lanjut Wali Kota, akan dibentuk dalam waktu dekat dan disahkan dalam Surat Keputusan (SK).
“Ini kami siapkan. Ada tugas dan fungsi dari direktur utama. Itu akan dikeluarkan SK secara khusus,” tambahnya.

Rahmad Mas’ud enggan membeber mengenai siapa dari kelima direksi, yang akan ditunjuk untuk mengisi posisi Direktur Utama Perumda Manuntung Sukses, lima direksi tersebut memiliki kemampuan yang sama.

“Sebenarnya direktur utama itu kan hanya formalitas. Tapi, karena dalam aturan harus ada dirut, nanti kami tunjuk salah satu dan mereka sudah setuju,” jelasnya.

Joko Subiyanto, satu dari lima direksi yang baru menyampaikan, siap memberi kontribusi terbaik bagi Perumda Manuntung Sukses, ingin Perumda selanjutnya mampu mengambil peluang untuk mendukung sektor-sektor yang terkait dengan pengembangan Ibukota Negara (IKN) di wilayah Penajam Paser Utara.

“Semua sektor sebenarnya punya potensi. Sebagai daerah penyangga, selain juga kota jasa dan perdagangan, Saya rasa sektor maritim dan industri untuk mendukung pengembangan IKN sekarang menjadi penting,” ungkapnya.

Dia juga optimistis investasi pada sektor tersebut akan masuk dalam jumlah besar dalam waktu dekat. Jika peluang ini bisa dioptimalkan, maka menurut bukan tidak mungkin kontribusi PAD melalui Perumda akan meningkat dari sebelum-sebelumnya.

“Karena sampai sekarang kontribusi PAD melalui Perumda belum 80 persen, kami berharap dengan kinerja direksi yang baru, pada lima tahun ke depan Perumda bisa memenuhi angka tersebut,” ujarnya.

Mengenai target jangka pendek menurut dia, akan terlebih dahulu melakukan konsolidasi dengan seluruh jajaran direksi.
“Tapi nanti kita coba untuk meningkatkan sekitar 50 persen dulu,” kata Joko Subiyanto. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.