Personel Polri-TNI Amankan 50 Gereja Di Penajam Paser Utara

Bagus Purwa

Mapolres PPU. (Ist)

Penajam, helloborneo.com – Personel Polri dan TNI dikerahkan untuk mengamankan 50 gereja pada perayaan Natal di Kabupaten Penajam Paser Utara, kata Kepala Bagian Operasional Kepolisian Resor setempat Komisaris Polisi Ricky Sibarani.

“Dipastikan sebanyak 50 gereja yang tersebar di wilayah Benuo Taka (sebutan Kabupaten Penajam Paser Utara) mendapatkan pengamanan dari Polri-TNI,” ujar Ricky Sibarani ketika ditemui helloborneo.com di Penajam, Jumat.

Polres, lanjutnya, menurunkan sekitar 290 personel untuk mengamankan gereja pada perayaan Natal di daerah ini.

Jumlah petugas yang dikerahkan tersebut, menurut dia, untuk pengamanan di masing-masing gereja disesuaikan jumlah jemaat yang diperkirakan setiap gereja dijaga lima sampai tujuh personel.

Penempatan pengamanan di gereja untuk memberikan rasa aman bagi Umat Nasrani menjalankan ibadah Natal serta memastikan pelaksanaan ibadah menerapkan protokol kesehatan untuk pencegahan COVID-19.

“Jumlah jemaat di gereja dibatasi hanya 50 persen dari kapasitas, dan harus dipastikan ibadah Natal sesuai protokol kesehatan,” ucapnya.

Petugas keamanan, ujar dia, juga melakukan pemeriksaan setiap jemaat yang hendak masuk gereja untuk mengantisipasi adanya gangguan dalam pelaksanaan ibadah Natal.

Personel keamanan yang diterjunkan Polri-TNI tersebut, jelas Ricky Sibarani, selain mengamankan Natal 2021 juga untuk pengamanan Tahun Baru 2022 yang mulai dikerahkan pada 24 Desember 2021.

“Personel disiagakan untuk pengamanan kegiatan masyarakat sebagai upaya meminimalisasi gangguan kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat),” kata dia.

Ketertiban berlalu lintas saat liburan Natal dan Tahun Baru 2022, katanya, menjadi perhatian Polres Kabupaten Penajam Paser Utara.

Pengamanan dilakukan di tempat-tempat umum dan sejumlah objek wisata, termasuk 50 gereja yang akan melaksanakan ibadah Natal hingga perayaan pergantian tahun, katanya. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.