Musda Bersama KNPI Balikpapan Cetuskan Galang Nusantara Sebagai Ketua

Roy MS

BALIKPAPAN, helloborneo.com –  Galang Nusantara didapuk sebagai Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) KNPI Balikpapan terpilih untuk periode 2022-2025.

Galang terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Daerah (Musda) Bersama Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Balikpapan yang berlangsung Senin (10/1). Musda yang berlangsung di Hotel Platinum Balikpapan itu dihadiri oleh perwakilan pengurus sejumlah Organisasi Kepemudaan (OKP) di Balikpapan.

Tiga pimpinan DPD KNPI Provinsi dan Kota di Kaltim yakni, Ketua DPD KNPI Kaltim Tito Sugiarto bersama DPD KNPI Balikpapan Ashar Firman Syah. Kemudian, DPD KNPI Kaltim Asbar M. Akib dan DPD KNPI Balikpapan Muhammad Irfan. Serta Ketua DPD KNPI Kaltim Zieko Ch Odang turut menghadiri Musda yang ditujukan sebagai penyatuan versi KNPI di Kaltim tersebut.

“Tiga pimpinan pengurus bersepakat menggelar Musda bersama, harapannya Balikpapan menjadi parameter penyatuan KNPI di Kaltim, dan Balikpapan yang pertama menerapkan penyatuan ini. Ini dilakukan untuk menyambut kongres di pusat, karena di sana akan melaksanakan penyatuan. Insya Allah (kongres) dalam bulan ini” papar Galang usai Musda.

Pasca Musda, Galang berkomitmen melakukan rekonsialiasi ke semua OKP untuk bersama-sama membangun oraganisasi pemuda tersebut.

“Selanjutnya akan melakukan rekonsialiasi, buat yang belum merapat, itu amanat dari pusat. Namun jika tidak mau atau mau bergabung, atau bahkan tetap menginginkan perpecahan maka dari pusat akan turun,” tegasnya.

Dalam Musda Bersama, Galang mengaku memperoleh dukungan suara dari 44 OKP dan 4 Pengurus Kecamatan (PK). Usai penetepan, dirinya langsung dilantik bersama M. Said Abdillah sebagai Sekretaris dan Joya Marcyella sebagai Bendahara.

“Hari ini penetapan dan langsung pelantikan, karena ini bukan Musdalub, tetapi Musda dalam kondisi yang tidak biasa. Dalam hal ini menyatukan tiga kubu,” imbuhnya.

Di tengah berlangsungnya Musda bersama, ketegangan sempat terjadi di luar ruang sidang. Saat itu, ada OKP yang berupaya masuk ke arena sidang Musda Bersama, tapi sempat dihalangi oleh panitia dan petugas keamanan.

Kedatangan OKP tersebut ditolak lantaran tidak membawa surat mandat atau undangan Musda.

Aksi saling dorong antar dua pihak tak terelakan. Petugas Polresta Balikpapan yang berjaga dari awal Musda Bersama langsung menetralisir situasi.

“Itu dinamika dalam organisasi. dan wajar-wajar saja,” kata Galang menanggapi adanya ketegangan tersebut.

Usai pelantikan, Pengurus DPD KNPI Balikpapan versi Musda Bersama akan melakukan sosialisasi kepengurusan ke Pemerintah Kota.

“Secepatnya besok Selasa, jajaran akan bersurat kepada Kesbangpol dan Disporapar Balikpapan untuk memberitahukan kepengurusan kami,” lanjutnya.

Pengurus DPD KNPI Balikpapan versi Musda Bersama juga akan melakukan audiensi ke unsur Muspida Balikpapan. Galang pun tak luput mengemukakan bahwa DPD KNPI Kaltim segera menggelar rekonsiliasi untuk mempersiapkan Kongres KNPI.

“Info trakhir provinsi juga akan gelar rekonsiliasi menjelang kongres bersama. Teknisnya itu belum tahu, tapi harapannya mandataris dari Balikpapan adalah hasil Musda hari ini. Dan ini SK kami sudah terbit dan ditandatangi oleh ketua Provinsi dan sudah sudah diserahterimakan,” pungkasnya. (yor)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.