DPRD Paser Dukung Pembentukan DOB Paser Selatan

TB Sihombing

RDP antara DPRD Kabupaten Paser dan Tim DOB Kabupaten Paser Selatan, Rabu (18/5) (TBS)

Paser, helloborneo.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau DPRD Kabupaten Paser mendukung pembentukan DOB (daerah otonomi baru) Kabupaten Paser Selatan yang terus digaungkan.

Dukugan tersebut disampaikan dalam RDP (rapat dengar pendapat) antara DPRD Kabupaten Paser dan Tim DOB Kabupaten Paser Selatan di Ruang Rapat Bappekat, Rabu, yang dihadiri helloborneo.com.

“Proses DOB Kabuaten Paser Selatan dapat terus berlanjut, hingga nantinya menjadi daerah otonom sendiri,” ujar Wakil Ketua DPRD Kabupaten Paser, Abdullah.

“Tetap lanjut, DPR) sangat mendukung DOB Kabupaten Paser Selatan,” tegasnya lagi.

Politisi Partai Demokrat tersebut mengatakan, untuk persyaratan atau adminstrasi yang diperlukan dalam pemekaran DOB Kabupaten Paser Selatan bukan lagi masalah, setelah melakukan konsultasi dengan Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri, bahwa persyaratan administrasi telah lengkap.

“Sudah dibahas mulai dari gubernur dan mendorong ke DPR RI, kemudian DPD hingga berlanjut ke presiden sudah disetujui. Artinya persyaratan sudah lengkap,” ucapnya.

Saat ini tinggal moratorium, namun diharapkan tidak perlu menantikan terbukanya moratorium, melainkan ada kebijakan khusus seperti di Papua pulau paling ujung timur itu dikarenakan masalah keamanan.

DOB Kabupaten Paser Selatan dapat dilakukan dengan adanya kebijakan khusus cukup mendasar menurut dia, karena bertetangga dan menjadi daerah penyangga ibu kota negara atau IKN Indonesia baru bernama Nusantara.

“Dikarenakan ada IKN, sehingga untuk percepatan pembangunan, kenapa tidak karena Paser adalah kabupaten penyangga. Tentu juga kami minta percepatan, salah satunya untuk mempercepat pembangunan itu adalah pemekaran,” kata Abdullah.

Usai RDP, DPRD bakal bertemu dengan Bupati Paser, Fahmi Fadli, terkait DOB Kabuaten Paser Selatan, serta melakukan koordinasi dengan wakil rakyat Dapil Kaltim yang kini duduk di DPR RI. (bp)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.