Aset Perumda Benuo Taka Energi Penajam Berupa Mobil Digadaikan

ES Yulianto

Plt Direktur Perumda Benuo Taka Energi Kabupaten Penajam Paser Utara, Durajat (ESY)

Penajam, helloborneo.com – Aset Perusahaan Umum Daerah atau Perumda Benuo Taka Energi Kabupaten Penajam Paser Utara berupa mobil senilai ratusan juta juta digadaikan atau diagunkan oleh mantan Direktur Bahrun Genda.

Mobil dibeli dari Kota Surabaya lebih kurang Rp400 juta dalam kondisi seken atau bekas menurut Pelaksana tugas Direktur Perumda Benuo Taka Energi Kabupaten Penajam Paser Utara, Durajat saat ditemui helloborneo.com di Penajam, Senin, kemudian dari temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) hanya dinilai sekitar Rp375 juta.

“Belinya Sekitar Rp400 juta dan berdasarkan temuan BPK hanya Rp375 juta, pembelian mobil di Surabaya saat direkturnya Pak Bahrun,” ujarnya.

Pembelian aset kendaraan roda empat diduga terjadi setelah Perumda Benuo Taka Energi mendapatkan penyertaan modal dari Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara lebi kurang Rp36 miliar pada 2021.

Aset berupa mobil tersebut awalnya hendak dikembalikan kepada Perumda Benuo Taka Energi jelas dia, namum pada pertemuan kedua aset kendaraan roda empat tidak bisa diambil kerena tersangkut agunan.

“Harusnya aset mobil sudah dikembalikan, tapi pertemuan kedua disampaikan kendaraan roda empat itu sudah digadai dua bulan,” ungkapnya.

BPK memberikan saran untuk membentuk tim guna mempermudah pengambilan aset berupa mobil tersebut dari agunan yang berada di Kota Balikpapan.

Durajat yang diangakat sebagai Pelaksana tugas Direktur Perumda Benuo Taka Energi pada20 April 2022 tersebut menyatakan, telah berupaya meminta kembali kepada yang bersangkutan melalui surat sebagai langkah prventif.

“Sebagai agunan kalau ditarik juga ribet dan disarankan oleh BPK untuk buat tim, dan sebelumnya kami juga sudah bersurat untuk pengembalian aset mobil itu,” jelasnya. (bp)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.