Teater Asdrafi Yogyakarta Akan Pentaskan Pelarian Laskar Diponegoro di Taman Budaya Jawa Tengah

L Gustian

Sepotong adegan dalam Pementasan Teater Asdrafi Yogyakarta. (Ist)

Yogyakarta, helloborneo.com – Teater Asdrafi Yogyakarta akan menggelar pementasan PELARIAN LASKAR DIPONEGORO di Teater Arena Taman Budaya Jawa Tengah, 5 September 2022 pada pukul 19.00 WIB.

“Pementasan kali ini adalah rangkaian roadshow yang dimulai pada program REBON TEATER TAMAN BUDAYA YOGYAKARTA 9 Agustus 2022 yang lalu,” tutur Bramanti F. Nasution selaku koordinator Teater ASDRAFI Yogyakarta

Pelarian Laskar Diponegoro diangkat dari Adaptasi karya CM NAS dengan judul Kebebasan Abadi dan ditulis kembali oleh Mahmoud Elqadrie yang memindahkan latar belakang pasca penangkapan Pangeran DIPONEGORO di Karisedenan Magelang, atas tipu daya Jenderal de KOCK.

Disutradarai Tito Pangesthi Adjie, pementasan ini menghadirkan nuansa artistik latar perang Java yang sangat tragis dan monumental akan perjuangan Diponegoro Latar cerita fiksi sejarah tersebut sengaja dipilih untuk mengenang kembali makna perjuangan salah satu tokoh Pahlawan Nasional ini.

Sebagaimana kata Tito bahwa inti tema dalam Pelarian Laskar Diponegoro mengambil konflik pasca penangkapan Diponegoro, yang mengakibatkan hilangnya komando seluruh prajurit maupun laskar yang bertebar dimana-mana.

Diceritakan segerombolan laskar yang melarikan diri dan bertahan di hutan belantara yang dipimpin Tumenggung Gajah Ludiro. Namun di tengah situasi yang tak menentu dan tak ada kepastian tersebut, para laskar mengalami frustasi dan timbul.intrik dan pengkhianatan terhadap.

“Misi perjuangan yang digelorakan Pangeran Diponegoro. Maka para laskar yang banyak binasa akibat luka dan kelaparan tinggalah 5 prajurit yang akhirnya saling bunuh dan berakhir penghabisan, gugur sia-sia,” jelas Tito.

Pentas ini diharapkan menjadi edukasi dan apresiasi serta utamanya agar seni teater bisa bergairah kembali pasca pandemi covid-19. (log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.