Lonely Planet Nobatkan Raja Ampat Jadi Destinasi Wisata yang “Harus Dikunjungi”

Kawasan Raja Ampat di Papua Barat dinobatkan oleh "Lonely Planet" sebagai “Lokasi Yang Harus Dikunjungi” pada tahun 2023. (Courtesy: Kemenparekraf)
Kawasan Raja Ampat di Papua Barat dinobatkan oleh “Lonely Planet” sebagai “Lokasi Yang Harus Dikunjungi” pada tahun 2023. (Courtesy: Kemenparekraf)

London, helloborneo.com – Raja Ampat di Papua Barat dinobatkan sebagai “Must Visit Location” atau “Lokasi Yang Harus Dikunjungi” pada tahun 2023, sebagai “unwind destination” atau destinasi untuk rileks, mencari ketenangan dan kedamaian. Penghargaan ini disampaikan media global pariwisata “Lonely Planet” di London, Inggris pada 8 November lalu.

Dalam pernyataan tertulis yang diterima Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan “penghargaan ini membawa harapan akan kebangkitan destinasi pariwisata Indonesia yang berkualitas dan berkelas dunia.”

Menurutnya penghargaan ini juga membuktikan perubahan trend global pariwisata ke depan dari 3S lama – sand, sun and sea (pasir, matahari dan laut.red) – menjadi 3S baru – sprituality, serenity and sustainability (spiritualitas, ketenangan dan berkelanjutan.red).

“Raja Ampat adalah salah satu contoh destinasi yang lengkap 3S barunya dan sebagai informasi, Arborek, Desa Wisata yang berhasil dikembangkan di wilayah ini merupakan proyek percontohan desa wisata yang sukses menjadi destinasi pariwisata berkualitas dan berkelanjutan,” kata Sandiaga.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf, Ni Made Ayu Marthini, menambahkan, Raja Ampat terpilih karena coral reefs dan diving spot di wilayah ini tidak ada tandingannya di dunia. “Kami berharap penghargaan ini membantu meningkatkan awareness masyarakat internasional akan Raja Ampat dan Indonesia, sekaligus memacu seluruh aktor pariwisata Indonesia untuk meningkatkan manajemen pengelolaan destinasi 3S baru dengan lebih giat lagi,” ujarnya.

Lima destinasi lain yang mendapat penghargaan dalam kategori yang sama dari Lonely Planet adalah Halkidiki Yunani, Jamaika, Dominika, Malta dan Yordania.

Lonely Planet adalah media global pariwisata yang menyediakan informasi bagi para wisatawan di seluruh dunia.

Penghargaan ini menambah sejumlah penghargaan yang telah diterima Indonesia sepanjang tahun 2022 ini. Sebelumnya Bali menduduki ranking pertama 10 destinasi liburan yang paling membahagiakan dari Club Med, Travel dan Tourism Operator yang berkantor di Prancis. (voa/log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.