Peringatan Hari AIDS Sedunia di Kaltim Digelar di Atrium City Centrum Samarinda

Tun MZ

Fokus pemerintah dan masyarakat dalam penanggulangan HIV/AIDS selama ini terpusat pada komunitas homoseksual ,wanita pekerja seks (WPS) dan waria. Padahal, data mencatat, mayoritas kasus terjadi pada laki-laki dan komunitas heteroseksual. (Foto: Reuters)
Fokus pemerintah dan masyarakat dalam penanggulangan HIV/AIDS selama ini terpusat pada komunitas homoseksual ,wanita pekerja seks (WPS) dan waria. Padahal, data mencatat, mayoritas kasus terjadi pada laki-laki dan komunitas heteroseksual. (Foto: Reuters)

Samarinda, helloborneo.com – Hari AIDS Sedunia (HAS) rutin diperingati pada 1 Desember setiap tahunnya. Peringatannya dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan, kesadaran dan kemandirian masyarakat akan pentingnya pencegahan dan mendorong peran aktif masyarakat dalam pengendalian HIV/AIDS.

Tema Global peringatan Hari AIDS Sedunia tahun 2022 yaitu “Equalize”. Tema ini dipilih mengingat pentingnya mengakhiri ketidaksetaraan yang mendorong terjadinya AIDS di seluruh dunia, khususnya pada perempuan, anak dan remaja. Tanpa tindakan nyata dan terukur terhadap ketidaksetaraan, dunia termasuk Indonesia berisiko tidak mencapai target untuk mengakhiri AIDS pada tahun 2030.

Pemerintah Provinsi Kaltim pun juga turut serta ambil bagian dalam menyukseskan agenda tersebut. Melalui Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Prov. Kaltim, Analisis Kebijakan Ahli Muda, Drs. Muhammad Ikhsan saat memimpin rapat persiapan rencana pelaksaan hari AIDS sedunia menuturkan, peringatan Hari AIDS Sedunia ini merupakan agenda rutin setiap tahun.

Ikhsan juga mengatakan bahwa peringatan Hari AIDS sedunia Tahun 2022 berkoordinasi dengan PKBI Kaltim akan merencanakan kegiatan tersebut untuk dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 4 Desember 2022 mendatang pukul 10.00 sampai pukul 22.00 WITA di Atrium City Centrum Samarinda Jalan Mulawarman.

Untuk itu, dalam rapat tersebut dirinya meminta kepada Perangkat Daerah (PD) terkait agar ikut membantu menyukseskan kegiatan tersebut sesuai tupoksi dari PDnya.

“Kita akan mencoba meminta setiap Perangkat Daerah yang diundang dapat membantu sesuai dengan kemampuan yang ada terhadap apa-apa yang ingin dilaksanakan oleh PKBI Kaltim,” ucapnya, Kamis (1/12) di Ruang Tenguyun lantai 4 Kantor Gubernur Kaltim.

Ditempat yang sama, Direktur Eksekutif Daerah PKBI Kaltim, Asmuran Gautama mengungkapkan pihaknya juga kembali ingin mengambil momentum tersebut untuk mengadakan berbagai macam kegiatan.

“Pada dasarnya kegiatan ini menjadi milik bersama karena sesuai juga dengan tema hari AIDS sedunia Tahun 2022 “Satukan langkah dalam rangka mencegah HIV AIDS dalam rangka kesetaraan,” sebutnya.

Ia pun membeberkan dalam event Peringatan AIDS juga pihaknya bersama dengan kelompok yang masyarakat yang peduli terhadap HIV AIDS telah melakukan aksi damai hingga sore tadi. (kmf/log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.