14 Kades Terpilih Dilantik, Makmur Marbun Berharap Kedepankan Masyarakat

Pelantikan 14 Kepala Desa di Kabupaten PPU. (Ist)
Pelantikan 14 Kepala Desa di Kabupaten PPU. (Ist)

Penajam, helloborneo.com – Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Mamur Marbun melantik dan mengambil sumpah dan jabatan 14 kepala desa (kades) terpilih se-Kabupaten PPU periode 2024 -2030 bertempat di aula Desa Gunung Mulia, Kecamatan Babulu (11/01/2024).

Kades yang dilantik diantaranya Desa Sidorejo dan Desa Giripurwa Kecamatan Penajam, Desa Bangun dan Mulya Kecamatan Waru. Kemudian Desa Labangka, Desa Gunung Intan, Desa Rintik, Desa Labangka Barat yang ada di Kecamatan Babulu, serta Desa Argomulyo, Desa Karang Jenawi, Desa telemow, Desa Bumi Harapan, Desa Semoi Dua, Desa Karang Jinawi dan Desa Suko Mulyo di Kecamatan Sepaku.

Prosesi pelantikan dipimpin langsung oleh Pj Bupati PPU dengan membacakan sumpah janji jabatan yang diikuti secara serempak oleh kades terpilih.Setelah pembacaan janji, dilaksanakan penandatanganan berita acara dan dilanjutkan dengan penyematan tanda jabatan kepada seluruh kades terpilih.

Pj Bupati Makmur Marbun dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak, khususnya kepada seluruh masyarakat yang telah menyelenggarakan pesta demokrasi desa dengan aman, tertib dan lancar. Ini menandakan bahwa, masyarakat Kabupaten PPU sangat menghargai nilai-nilai demokrasi meski dalam lingkup yang sangat kecil, yakni lingkup desa.

“Selamat kepada kades yang dilantik diberikan kekuatan lahir batin untuk mengabdikan hidup bagi masyarakat dan desanya. Tadi saya tepuk tiga kali pundak para kades, itu bermakna bahwa di pundak kades ini ada tanggung jawab kepada masyarakat,” ujarnya.

“Dan saya sematkan juga garuda di dada, itu menandakan kesetiaan bapak kepada panggilan menjadi kepala desa menyelamatkan negara dan mengedepankan kepentingan masyarakat diatas kepentingan pribadi, golongan, dan bahkan diatas kepentingan keluarga,” tambahnya.

Dia juga mengingatkan, bahwa kades merupakan ujung tombak dalam penyerapan pemerintahan daerah, oleh karena itu dituntut dan diharap untuk terus bekerja walaupun itu dihari libur.

Karena tugas kades, lanjutnya harus bisa berpikir bagaimana untuk menyelamatkan dan menyejahterakan masyarakat, oleh karena peran kades berada pada posisi yang sangat strategis dalam penyelenggaraan otonomi daerah. Tugas yang cukup berat yang di emban kades mesti dibantu oleh segenap komponen masyarakat untuk bersama-sama menyelenggarakan otonomi desa tersebut dalam usaha mencapai kesejahteraan masyarakat.

“Untuk itu setelah dilantiknya kepala desa pada hari ini, saya mengajak segenap masyarakat desa untuk mendukung membantu kades dalam melaksanakan tugasnya,” imbuh Makmur.

Pj Bupati juga mengajak kepada masyarakat desa untuk bahu-membahu dalam menggali potensi yang ada dalam membangun desa tempat tinggal masing-masing. Lupakan perbedaan ataupun proses selama pemilihan kades yang mungkin kemarin ada yang terluka, tergores tetapi inilah pilihan masyarakat didesa oleh karena itu kades yang terpilih ujung tombak seluruh masyarakat tidak boleh dibeda-bedakan mana yang memilih mana yang tidak memilih.

“Kepada kades terpilih saya minta untuk merangkul semua pihak dan memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada warga tanpa pandang bulu. Tidak ada lagi pendukung dan bukan pendukung, semua warga sudah menjadi tanggung jawab saudara,” katanya.

Diakhir sambutannya, Makmur minta kepada kades untuk lebih visoner, kreatif dan inovatif dalam menjalankan tugasnya.

“Terpilihnya saudara sebagai kades mencerminkan besarnya harapan masyarakat akan adanya perubahan yang lebih baik, saudara juga dalam menjalankan kepemimipinan dituntut untuk lebih visioner, kreatif dan inovatif,” pungkasnya.

Tampak hadir dalam acara Ketua DPRD PPU Syahrudin M Noor, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten PPU Linda Romali Siregar, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda), pimpinan perangkat daerah, dan seluruh tamu undangan lainnya. (kmf/log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.