Warga Palangka Raya Gelar Kerja Bakti Cegah Penyebaran DBD 

Kerja bakti pencegahan Demam Berdarah Dengue dan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). (Ist)
Kerja bakti pencegahan Demam Berdarah Dengue dan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). (Ist)

Palangka Raya, helloborneo.com – Kelurahan Kalampangan, Kota Palangka Raya melaksanakan kerja bakti pencegahan Demam Berdarah Dengue dan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).

Dalam kerja bakti ini, warga Kelurahan Kalampangan membersihkan drainase, menghilangkan genangan air, dan membersihkan sampah di sekitar pemukiman.

Kegiatan 3M Plus pun disosialisasikan kepada warga dengan menguras tempat penampungan air, menutup tempat-tempat penampungan air, dan endaur ulang berbagai barang yang memiliki potensi untuk dijadikan tempat berkembang biak nyamuk Aedes Aegypti.

Lurah Kalampangan, Yunita Martina, mengatakan bahwa kerja bakti ini mencerminkan kesadaran dan kepedulian yang tinggi dari warga Kalampangan dalam menjaga kebersihan lingkungan demi kesehatan bersama, khususnya dalam pencegahan DBD.

“Kerja bakti ini dilakasanakan sesuai arahan Penjabat (Pj) Wali Kota Palangka Raya untuk mencegah penyebaran DBD, dans ebaggai bentuk kepedulian warga Kalampangan dalam menjaga kebersihan lingkungan demi kesehatan bersama,” ujarnya.

Yunita mengungkapkan keprihatinan atas beberapa warga yang terdampak oleh DBD dan menyampaikan bahwa pihaknya sedang menunggu update data dari Puskesmas setempat mengenai jumlah dan kondisi kesehatan mereka.

Dirinya juga menegaskan pentingnya partisipasi aktif seluruh masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan secara berkala mengingat wabah DBD saat ini perlu dicegah secara bersama-sama.

“Diharapkan, langkah-langkah seperti kerja bakti ini dapat meminimalisir penyebaran nyamuk DBD di Kelurahan Kalampangan dan meningkatkan kesadaran masyarakat menjaga lingkungan dan turut serta bersama Pemerintah dalam menggerakkan PSN,” pungkasnya. (ip/log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.