Makmur Marbun Sambut Kunjungan Kerja KASAD di Kawasan Titik Nol IKN

Pj Bupati PPU bersama Kasad. (Ist)
Pj Bupati PPU bersama Kasad. (Ist)

Penajam, helloborneo.com – Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Makmur Marbun sambut kedatangan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak dan Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana beserta rombongan dalam rangka kunjungan kerja (kunker) di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Rabu (21/2/2023).

Pj Bupati Marbun dalam sambutannya menyampaikan terima kasih, atas nama pemerintah daerah dan seluruh masyarakat Kabupaten PPU mengucapkan selamat datang kepada KASAD di Kabupaten PPU terkhusus di IKN Nusantara.

Disampaikan Makmur Marbun sejak ditetapkannya IKN di sebagian wilayah PPU, masyarakat menyambutnya dengan penuh syukur dan menjadi satu keberkahan bagi daerah ini sebagai IKN karena seiring pembangunanannya Kabupaten PPU mendapat perhatian lebih dari pemerintah pusat maupun dari TNI utamanya dalam hal pembangunan daerah.

“Terkait kahadiran IKN ini, masyarakat PPU sangat menyambut baik dan turut men-support berbagai upaya percepatan yang saat ini dilakukan, termasuk terus melibatkan dan mengembangkan SDM Kabupaten PPU agar menjadi bagian dari IKN diberbagai sektor pembangunan yang ada,” ucap Makmur Marbun.

Tidak hanya itu, dia juga menyampaikan bahwa penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di Kabupaten PPU saat ini terdapat di 4 wilayah kecamatan.

Saat ini, Makmur Marbun menerangkan, dari 30 desa dan 24 kelurahan sebelum adanya IKN dan dari 30 desa 85% adalah desa eks unit permukiman transmigrasi, dan secara umum berlangsung dengan baik dan berada dalam suasana kondusif berkat adanya dukungan dan kemitraan yang sangat baik antara pemerintah dan masyarakat serta dukungan jajaran TNI dan Kepolisian.

“Termasuk juga Pemerintah Kabupaten PPU mendapat peringkat pertama se-Kaltim dan masuk dalam sembilan besar peringkat Nasional dalam kategori Indeks Desa Membangun,” jelasnya.

Lebih lanjut, Makmur Marbun mengungkapkan pemerintah daerah dan masyarakat saat ini juga sedang menggiatkan pembangunan disemua sektor dalam rangka mengejar ketertinggalannya dari daerah-daerah lain.

“Tentunya, seluruh kegiatan pembangunan yang saat ini dilakukan merupakan suatu bentuk dukungan dari pemerintah daerah baik itu dari pemerintah desa/kelurahan maupun pemerintah kecamatan, dalam rangka mewujudkan keberhasilan pembangunan nasional ke depannya seiring dengan hadirnya IKN Nusantara di Kabupaten PPU,” ujar Makmur Marbun.

Selain itu, dia juga menjelaskan efisiensi dan efektifitas penyelenggaraan pemerintahan daerah juga perlu ditingkatkan dengan lebih memperhatikan aspek-aspek hubungan antara pemerintah pusat dengan daerah dan antar daerah, potensi dan keanekaragaman daerah, serta peluang dan tantangan persaingan global dalam kesatuan sistem penyelenggaraan pemerintahan negara.

“Atas dasar itulah, kami di Kabupaten PPU tidak pernah bosan dan lelah untuk terus menerus melaksanakan program-program pembangunan di daerah termasuk program membangun desa/kelurahan yang bersinergi dengan TNI, terlebih Kabupaten PPU ke depan akan menjadi ikon baru sebagai Serambi Ibu Kota Negara, yang tentunya seluruh program pembangunan harus dapat lebih ditingkatkan,” bebernya.

Pada kunjungan tersebut, juga dilaksnakan pemberian penghargaan dari Kesultanan Paser berupa Gelar Kaka Demong Agung Bela Negara, yang disaksikan langsung Pangdam VI Mulawarman, unsur Forkopimda PPU dan jajaran terkait dalam kunker KASAD di IKN Nusantara. (adv/hms/kmf/log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.