DPRD PPU: Kebersihan Kabupaten PPU Butuh Peran Aktif Masyarakat

Truck Sampah.

Penajam, helloborneo.com – Menjaga kebersihan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), bukan hanya menjadi tanggungjawab pemerintah melalui instansi teknis, dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Merauke. Namun, untuk mewujudkan kota yang bersih dan indah juga membutuhkan dukungan semua pihak, khususnya peran aktif masyarakat salah satunya dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Ada pemahaman dari masyarakat Kabupaten PPU bahwa kebersihan ini hanya pemerintah yang menangani. Padahal, sebenarnya tidak. Kita semua harus terlibat di dalamnya,” ungkap Ketua Komisi II Dewan Perawakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Wakidi.

Lebih lanjut dikatakannya, hingga saat ini masih banyak warga masyarakat yang belum sadar untuk ikut terlibat menjaga dan memelihara kebersihan. Kendati demikian, di sisi lain dari pemerintah kedepan harus mulai menyiapkan sarana prasarana publik seperti menyiapkan tempat-tempat sampah di masing-masing kelurahan.

“Ini memang masih menjadi ‘PR’ bagi pemerintah dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD)  kita juga. Dengan demikian. Kita belum bisa maksimal sebagaimana yang seharusnya kita lakukan,” ujarnya.

Ditambahkannya, untuk saat ini jumlah armada truk pengangkut sampah ada diantaranya sudah tidak bisa operasional karena faktor usia. (adv/log) 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.