Indonesia Siapkan Welcoming Dinner Tamu World Water Forum ke-10

Bali, helloborneo.com – Melanjutkan rangkaian acara WorId Water Forum ke-10 yang telah dimulai Sabtu, 18 Mei 2024, Kepala Negara dan para delegasi akan dijamu pada sambutan makan malam (welcoming dinner) di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK), Minggu (19/5/2024).

Rangkaian kegiatan makan malam akan dimulai pada pukul 17.00 WITA hingga 22.00 WITA dan dihadiri sekitar 2.300 orang yang terdiri dari 500 undangan naratetama atau Very Very Important Person (VVIP) dan 1.800 undangan lainnya.

Sejumlah kepala negara telah tiba di Bali di antaranya adalah Perdana Menteri (PM) Tajikistan Qohir Rasulzoda, Presiden Sri langka Ranil Wickremesinghe, dan Presiden Fiji Ratu Wiliame Maivalili Katonivere. Kemudian Wakil Perdana Menteri Papua Nugini John Rosso juga telah tiba, serta Mantan Presiden Hungaria Janos Ader yang hadir sebagai undangan spesial. Sementara Perdana Menteri Maroko Aziz Akhannouch telah mengonfirmasi kehadirannya namun belum tiba di Bali.

Presiden Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Dennis Francis dan Presiden World Water Council (WWC) Loïc Fauchon juga telah tiba dan akan turut menghadiri jamuan makan malam.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo akan menyambut secara langsung para tamu negara tersebut pada pukul 19.30 WITA.

Selain itu tamu undangan lainnya dalam jamuan makan malam adalah 17 menteri atau pejabat setingkat Menteri di antaranya dari Australia, Brunei Darussalam, Tiongkok, Kongo, Mesir, Prancis, Kenya, Palestina, Filipina, Saudi Arabia, Senegal, Singapura, Tanzania, Timor-Leste, Tunisia, Persatuan Emirat Arab, dan Uzbekistan.

Kemudian delegasi dari negara Brazil, Gambia, Italia, Jepang, Kazakhstan, Meksiko, Mozambik, Belanda, Nigeria, Palau, Qatar, Kepulauan Solomon, Federasi Saint Kitts dan Nevis, Slovakia, Thailand, Turki, dan Vanuatu.

Turut hadir perwakilan Organisasi Internasional yaitu EU, Bank Dunia, IPU (diwakilkan DPR), serta Sekjen PBB (UNESCAP).

Selaku tuan rumah, Indonesia akan menjamu dengan hidangan tradisional khas Nusantara. Pertunjukan-pertunjukan sambutan yang seirama dengan tema World Water Forum juga telah disiapkan.

“Semuanya saya yakin persiapannya matang dan pasti sudah sangat baik,” Director Government Relation and Permit Alam Sutera Group, Erwyanto Tedjakusuma, selaku pengelola Taman Budaya GWK, Minggu (20/5/2024).

Sementara itu, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Praktikno dan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi pada Sabtu (18/5/2024) meninjau lokasi Welcoming Dinner sekaligus mengikuti kegiatan gladi resik di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana.

Mensesneg maupun Menlu tampak mengagumi konsep acara yang akan dipersembahkan pada Minggu (19/5/2024) malam. Kedua Menteri ini pun terlihat begitu puas dengan gladi resik yang dilakukan.

“Keren banget, jadi, semoga semuanya lancar untuk besok, semua top, sukses semuanya untuk acara besok, terima kasih,” kata Mensesneg kepada seluruh pengisi acara maupun kru dalam gladi resik tersebut.

Menlu Retno pun menyampaikan rasa puasnya atas perpaduan seni yang ditampilkan dalam gladi resik itu.” Teman-teman, semua top. Bismillah, sehabis ini (gladi resik) istirahat, dan tetaplah semangat untuk besok,” tegas Menlu. (ip/log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.