Sekda PPU, Tohar Hadiri Rakornas Wasin 2024

Sekda Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Tohar. (Ist)
Sekda Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Tohar. (Ist)

Penajam, helloborneo.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara, Tohar, Hadiri Rakornas Wasin 2024 dengan Tema “Mengawal Penuntasan Pembangunan Jangka Menengah untuk Kesinambungan Pembangunan “via Zoom Meeting mewakili Pj. Bupati Penajam Paser Utara, (Rabu, 22 Mei 2024).

Acara tersebut di buka secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo. Dalam sambutannya Presiden Jokowi menyampaikan bahwa BPKP memiliki peran besar mengawal kesinambungan pembangunan agar rakyat dapat mendapatkan manfaat yang maksimal, sehingga BPKP tidak boleh hanya sekedar memperbanyak larangan, karena jika itu terjadi maka pada akhirnya akan memperlambat jalannya pembangunan.

Sasaran kerja BPKP adalah bukan untuk mencari kesalahan, namun justru untuk mencegah penyimpangan arahan. Fokus BPKP bukan mencari berapa banyak yg melakukan penyimpangan namun berapa banyak yang berhasil melakukan pembangunan. Oleh sebab itu BPKP harus berinovasi, utamanya dalam teknologi informasi.

Dalam arahannya Presiden Joko Widodo menyampaikan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) memiliki peran besar dalam mengawal kesinambungan pembangunan. Jokowi berharap BPKP bersama dengan Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) mengedepankan pencegahan, mengawal gerak cepat dan tepat pemerintah, memanfaatkan kecanggihan teknologi, serta memastikan masyarakat mendapatkan manfaat maksimal dari pembangunan.

Presiden Republik Indonesia Jokowi mengibaratkan target pembangunan pemerintah seperti perjalanan kereta api, di mana BPKP berkontribusi dalam pembangunan relnya, memastikan kereta berjalan lurus dan dapat mencapai tujuan dengan cepat dan tepat. Presiden berpesan kepada BPKP untuk dapat memberikan arahan dan tuntunan dalam proses pembangunan agar mencegah dari penyimpangan, bukan hanya mencari kesalahan. Presiden juga berharap kepada BPKP untuk dapat berinovasi dengan menggunakan teknologi. (adv/kmf/log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.