BNI Exporters Forum, Dorong UKM Tembus Pasar Global

Bank Negara Indonesia (BNI). (Ist)
Bank Negara Indonesia (BNI). (Ist)

Jakarta, helloborneo.com – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI kembali menunjukkan komitmennya memberdayakan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Indonesia agar dapat menembus pasar global dan meningkatkan devisa negara.

Kali ini, melalui program Xpora, BNI menyelenggarakan BNI Exporters Forum di Bandung.

Mengusung tema “Prospek Pasar Ekspor 2024”, forum yang digelar di Kantor Wilayah BNI Bandung ini dihadiri oleh 40 UMKM eksportir dari wilayah Bandung dan sekitarnya yang merupakan mitra Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kantor Wilayah Jawa Barat, Kementerian Perdagangan – INDAG Jawa Barat, dan nasabah BNI.

Direktur Retail Banking BNI Corina Leyla Karnalies mengatakan, UMKM sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia memiliki peran penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan pendapatan devisa.

“Oleh karena itu, BNI berkomitmen untuk terus mendukung UMKM Indonesia untuk menembus pasar global dan meningkatkan daya saing mereka di kancah internasional, salah satunya melalui BNI Exporters Forum ini,” kata Corina dalam siaran pers yang.

Forum yang dibuka oleh Pemimpin Divisi Retail Productive Banking BNI M Safri Hidayat ini menghadirkan berbagai narasumber kompeten, seperti Bambang Lusanto (Kepala Bidang Kepabeanan dan Cukai Kanwil) Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Jawa Barat, Dino Kusnadi (Pejabat Madya) Direktorat Asia Timur Kementerian Luar Negeri, dan Herman Gunadi dari PT Mitra Kargotama Sejahtera.

Para narasumber berbagi wawasan dan informasi terkini mengenai lanskap pasar ekspor saat ini, membekali para UMKM dengan pengetahuan dan alat yang diperlukan untuk menavigasi pasar global secara efektif.

Selain sesi pemaparan, forum ini juga menghadirkan sesi diskusi yang memungkinkan para UMKM untuk bertukar ide dan pengalaman, serta mendapatkan solusi praktis atas berbagai kendala yang mereka hadapi dalam menjalankan bisnis ekspor.

Tak hanya itu, BNI juga memperkenalkan solusi transaksi keuangan BNI serta program Xpora kepada para peserta.

Untuk diketahui, BNI Xpora merupakan program khusus yang dirancang untuk mendukung UMKM dalam mengembangkan usahanya dan menjangkau pasar internasional.

Melalui rangkaian layanan yang komprehensif, seperti pelatihan, pendampingan, pembiayaan, dan fasilitasi akses pasar global, BNI Xpora diharapkan dapat memberdayakan UMKM untuk menjadi pemain global yang berkontribusi signifikan terhadap pembangunan perekonomian Indonesia.

Adapun BNI Exporters Forum di Bandung ini merupakan kegiatan ketiga setelah sebelumnya sukses diselenggarakan di Jakarta dan Lampung.

“BNI berkomitmen untuk terus menyelenggarakan forum serupa di berbagai kota utama di Indonesia guna menjangkau lebih banyak UMKM dan membantu mereka dalam meraih kesuksesan di pasar global,” tutup Corina. (ip/log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.