Berikan Pelayanan Terbaik, PTMB Siapkan Program Jangka Panjang dan Pendek

Manajemen Perumda Tirta Manuntung Balikpapan (PTMB). (Ist)
Manajemen Perumda Tirta Manuntung Balikpapan (PTMB). (Ist)

Balikpapan, helloborneo.com – Perumda Tirta Manuntung Balikpapan (PTMB) terus berbenah. Melalui manajemen baru, Perusahaan Daerah ini telah memiliki program kerja pendek dan panjang hingga 2030 nanti.

Direktur Utama PTMB, Yudhi Saharuddin, mengatakan, dalam upaya meningkatkan pelayanan dan penyediaan air bersih kepada masyarakat Balikpapan, PTMB telah merancang serangkaian inisiatif strategis yang bertujuan memperkuat infrastruktur dan mengatasi tantangan distribusi air yang ada.

“Saat ini, PTMB melayani sebanyak 122.471 sambungan, dengan kebutuhan konsumsi air pelanggan sebesar 1.063 liter/detik, sedangkan kapasitas produksi dalam kondisi 1.444 liter/detik,” jelasnya.

Sementara kebutuhan total distribusi untuk melayani pelanggan existing adalah 1.496 liter/detik, sehingga defisit air (-) 52 liter/detik jika dalam kondisi normal belum termasuk penambahan sambungan baru.

Jika mengacu pada data analisis konsultan tahun 2023 tentang neraca air Proyeksi kebutuhan air Kota Balikpapan jika penduduk Kota Balikpapan sebesar 760.183 jiwa, dengan konsumsi air bersih 170 liter/jiwa/Hari sehingga dibutuhkan air baku sebesar 2.407 liter/detik. Diperkirakan defisit air baku
Balikpapan di tahun 2023 sebesar 907 Ltr/detik.

Dalam jangka waktu yang cepat, PTMB akan berfokus pada distribusi air bersih ke pelanggan yang berada diwilayah yang sulit terjangkau karena berada berada pada ketinggian dengan cara dengan
memasang tandon/tangki yang nanti nya akan didistribusi melalui mobil tangki jikan tekanan dalam pipa tidak cukup.

“Untuk mengatasi defisit ini, PTMB akan mengimplementasikan berbagai proyek peningkatan kapasitas dan efisiensi,” ucapnya dalam pers conference di Aula Kantor PTMB Balikpapan, Minggu (2/6).

Adapun langkah-langkah awal yang akan dilakukan, lanjutnya, adalah dengan menekan angka kehilangan air yang saat ini 29% dari sebelumnya 33%, penambahan kapasitas (uprating) Instalasi Pengolahan Air (IPA) yang masih memiliki cadangan sumber air (sumur) yang dapat dioptimalkan, penataan manajemen distribusi air yang efektif dengan optimalisasi reservoir sehingga adacadangan air yang menjadi balancing minimal 91.853 meter kubik per hari.

Selain itu, PTMB juga akan melakukan pergantian dan perbaikan jaringan pipa yang sudah melebihi kapasitas layanan. “Perbaikan jaringan pipa ini merupakan instruksi langsung dari Wali Kota Balikpapan yang harus segera kami realisasikan demi meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat.” ungkap Saharuddin.

Kemudian, ia juga menyampaikan, dalam upaya meningkatkan keberlanjutan dan ketahanan pasokan air, PTMB juga akan mengembangkan infrastruktur tambahan seperti desalinasi air laut dengan kapasitas 120 Ltr/detik, desalinasi air payau pada 2 titik Sungai yaitu Sungai Manggar dan Somber yang sedang dalam kajian kelayakan.

Pihaknya, mendorong percepatan SPAM Regional Intake Sungai Mahakam agar menjadi Proyek Strategis Nasional diharapkan dapat memastikan keberlanjutan pasokan air di masa depandi Kota Balikpapan sebagai beranda IKN. Mengingat proyeksi pertumbuhan pelanggan dan kebutuhan air yang meningkat.

“Langkah-langkah ini tidak hanya bertujuan untuk mengatasi defisit air saat ini, tetapi juga untuk mempersiapkan kebutuhan air di masa depan dengan proyeksi pertumbuhan pelanggan dan kebutuhan air yang meningkat,” jelas Saharuddin.

Pihaknya memahami bahwa selama masa transisi ini mungkin akan ada gangguan layanan yang dirasakan oleh pelanggan.

Untuk itu, pihaknya memohon maaf sebesar-besarnya dan berterima kasih atas kesabaran dan pengertian dari seluruh masyarakat Balikpapan.

“Kami berkomitmen untuk memberikan informasi terkini secara berkala terkait perkembangan proyek ini dan memastikan bahwa gangguan yang terjadi seminimal mungkin,” ucapnya.

Dengan program kerja ini, PTMB berharap dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat Balikpapan melalui penyediaan air bersih yang andal dan berkelanjutan. (log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.