Pertamina Akui Sukses Jalankan Penugasan Penyaluran Energi untuk Masyarakat

SPBU Pertamina. (Ist)
SPBU Pertamina. (Ist)

Jakarta, helloborneo.com – PT Pertamina (Persero) berhasil menjalankan penugasan khusus dari Pemerintah untuk menyalurkan energi ke masyarakat. Hal itu tertuang dalam persetujuan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Perseroan Tahun Buku 2023, yang dilaksanakan di Kementerian BUMN, Jakarta, pada Senin 10 Juni 2024.

Berdasarkan siaran pers yang InfoPublik terima pada Selasa (11/6/2024), Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, menegaskan mandat Pertamina sebagai BUMN energi adalah menjaga ketahanan energi nasional yang dilaksanakan melalui pengelolaan energi dengan prinsip availability, accessibility, affordability, acceptability, dansustainability.

“Pertamina memiliki beberapa penugasan dari Pemerintah agar ketersediaan, keterjangkauan, dan keadilan energi bisa terlaksana. Inilah yang menjadi fokus Pertamina dalam menjalankan bisnisnya, yang terintegrasi mulai dari hulu migas hingga penyaluran produk untuk memenuhi kebutuhan industri, komersil, maupun masyarakat dan rumah tangga,” jelas Nicke.

Salah satu peran Pertamina  dalam tugas tersebut adalah menyediakan dan mendistribusikan paket perdana LPG 3 kilogram (kg) untuk  kapal penangkap ikan dan mesin pompa air bagi nelayan dan petani. Serta, mendukung pengembangan infrastruktur seperti jaringan gas rumah tangga, termasuk yang digunakan untuk kawasan inti pusat pemerintahan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Vice President Corporate Communication, Fadjar Djoko Santoso, turut menyampaikan Pertamina terus bersinergi dengan semua pemangku kepentingan untuk menjalankan penugasan tersebut. Keberhasilan Pertamina dalam menjalankan penugasan tentunya tidak terlepas dari dukungan Pemerintah, agar penyaluran energi dapat berjalan dengan lancar, aman, dan sesuai peruntukannya.

“Kami mengapresiasi peran seluruh entitas lembaga pemerintah, aparat, serta perangkat desa dan masyarakat yang telah mendukung pendistribusian energi, sehingga penugasan ini berjalan dengan baik dan target untuk penyaluran energi dapat tercapai,” ujar Fadjar.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance(ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina. (ip/log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.