Berbagi Berkah Iduladha, Pupuk Kaltim Salurkan Bantuan Kesehatan dan Hewan Kurban Total Rp1,3 Miliar 

Pupuk Kaltim Salurkan Bantuan Kesehatan dan Hewan Kurban Senilai Total Rp1,3 Miliar. (Ist) 
Pupuk Kaltim Salurkan Bantuan Kesehatan dan Hewan Kurban Senilai Total Rp1,3 Miliar. (Ist) 

Bontang, helloborneo.com – Sebagai produsen pupuk dan petrokimia terbesar di Asia Tenggara, PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) tentu tak hanya berfokus pada operasional dan produksi. Menjalankan amanah untuk mendukung ketahanan pangan nasional dilakukan sembari terus terlibat secara langsung dalam berbagai inisiasi tanggung jawab lingkungan dan sosial.

Terutama di sekitar wilayah operasional Pupuk Kaltim, baik di Bontang maupun di Fakfak, lokasi pembangunan pabrik terbaru Pupuk Kaltim nantinya. 

Inisiasi pemberdayaan masyarakat ini pun dilakukan melalui berbagai program. Mulai dari yang terkait pendidikan, sosial, pemeliharaan lingkungan hingga aktivitas keagamaan. Bertepatan dengan momen Iduladha 1445 Hijriah tahun 2024 ini, Pupuk Kaltim pun kembali menggagas agenda rutin tahunan berupa penyerahan hewan kurban kepada masyarakat di lingkup wilayah Bontang dan Fakfak.

Iduladha tahun ini, Pupuk Kaltim menyalurkan total 31 ekor sapi untuk hewan kurban kepada masyarakat dengan rincian 20 ekor sapi di Bontang dan 11 ekor sapi di Fakfak. Secara khusus, Pupuk Kaltim juga memberikan bantuan lain untuk menunjang kebutuhan dan kesehatan masyarakat Fakfak. Bantuan tersebut berupa 11 unit genset dengan kapasitas 6.000 watt dan 4 unit alat kesehatan ventilator. Seluruh bantuan hewan kurban dan alat kesehatan tersebut bernilai total Rp 1,355,500,000.

Mengusung semangat berbagi yang serupa dengan perusahaan, di Bontang, para karyawan Pupuk Kaltim pun sangat antusias menyalurkan bantuan hewan kurban secara pribadi. Total, karyawan Pupuk Kaltim tahun ini menyalurkan hewan kurban sebanyak 104 ekor sapi dan 50 ekor kambing yang disalurkan kepada 5.240 penerima zakat di tiga masjid yang berbeda di Bontang, yaitu Masjid Baiturrahman, Masjid Al-Furqon, dan Masjid Fathul Khoir.

Direktur Utama Pupuk Kaltim, Budi Wahju Soesilo, berharap penyaluran kurban yang dilakukan Pupuk Kaltim tahun ini  dapat memberi manfaat yang besar bagi masyarakat sekitar, serta dapat mempererat hubungan baik antara perusahaan dan masyarakat sekitar, khususnya di Bontang dan Fakfak.

“Komitmen untuk terus memberdayakan dan memberi keberkahan serta manfaat kepada masyarakat menjadi prioritas bagi Pupuk Kaltim. Alhamdulillah, pada momentum Iduladha tahun ini, Pupuk Kaltim kembali berkesempatan untuk berbagi dan menyalurkan bantuan berupa hewan kurban di wilayah Bontang dan wilayah Fakfak. Semua upaya yang kami lakukan ini adalah bentuk komitmen kami untuk berjalan bersama dengan masyarakat, menjaga silaturahmi dan semangat saling menolong. Karena dalam mencapai tujuannya, kami tidak bisa berjalan sendiri. Sinergi dengan masyarakat tentu jadi salah satu penopang keberhasilan Pupuk Kaltim kedepannya.”

Agenda rutin perayaan hari besar keagamaan memang menjadi salah satu agenda rutin yang selalu dijalankan oleh Pupuk Kaltim. Sebelumnya, di momen Idulfitri, Pupuk Kaltim juga menggagas kegiatan yang secara langsung memberi keberkahan pada masyarakat seperti program Safari Ramadan dan Mudik Gratis. Program-program ini tentunya sebagai wujud upaya Pupuk Kaltim untuk hadir secara langsung di tengah masyarakat dan memberi perubahan positif bagi lingkungan sekitar sebagai pilar penopang seluruh aktivitas perusahaan Pupuk Kaltim. 

“Seiring dengan tekad Pupuk Kaltim untuk dapat terus tumbuh menjadi perusahaan yang lebih besar, kami memahami bahwa peran dan dukungan dari masyarakat setempat juga merupakan penyokong dalam pertumbuhan perusahaan. Oleh karena itu, Pupuk Kaltim akan terus menjalankan komitmen perusahaan agar masyarakat dan lingkungan dapat merasakan manfaat positif. Selamat Iduladha kepada semua yang merayakan. Kiranya hari raya ini memberikan keberkahan dan kebahagiaan bagi kita semua,” tutup Soesilo. (adv/log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.