Sekkab Penajam: Selaraskan Rencana Pembangunan Desa/Kelurahan-Kabupaten

Ari B

Sekretaris Kabupaten PPU, Tohar.

Penajam, helloborneo.com – Sekretaris Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Tohar mengharapkan program pemerintah desa dan kelurahan dapat diselaraskan dengan rencana pembangunan pemerintah kabupaten setempat.

“Kami imbau agar program desa dan kelurahan itu selaras atau sejalan dengan rencana di tingkat kabupaten,” kata Tohar ketika dihubungi helloborneo.com di Penajam, Selasa.

Dalam rencana pembangunan pemerintah kabupaten menurut Sekkab, ada tiga hal yang diutamakan, yaitu pembangunan sektor infrastruktur, sektor kesehatan, dan sektor pendidikan.

Tiga pokok kebutuhan masyarakat tersebut jelas Tohar, belum mampu dipenuhi secara keseluruhan di wilayah perdesaan dan kelurahan yang tersebar diempat kecamatan.

“Khususnya kebutuhan infrastruktur yang layak di setiap desa dan kelurahan diempat kecamatan belum terpenuhi menjadi persoalan utama,” ujar Tohar.

Infrastruktur jalan yang belum memadai atau belum layak merupakan permasalahan utama di masing-masing wilayah diempat kecamatan di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Kegiatan penyalarasan lanjut Tohar, dapat dilakukan dengan cara mendata dan memilah rencana program dan kegiatan strategis pembangunan pemerintah kabupaten.

“Pendataan dan pemilihan program dan kegiatan strategis kabupaten yang akan masuk ke desa atau kelurahan dilakukan untuk diselaraskan,” ucapnya.

Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas’ud juga berharap tiga program pokok Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara dapat bersambung di tingkat pemerintah desa dan kelurahan.

Pemerintah desa diharapkan dapat mensubsidi program pembangunan atau kegiatan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Desa atau APBDes.

Bupati Abdul Gafur Mas’ud juga berencana melakukan kunjungan ke wilayah kecamatan, kelurahan dan desa untuk melihat pembagunan serta menyerap aspirasi masyarakat di wilayah setempat. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.