Penajam Hanya Usulkan Formasi Penyuluh Pertanian Rekrut P3K

Ari B

Penajam, helloborneo.com – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, hanya mengusulkan formasi tenaga penyuluh pertanian pada perekrutan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja atau P3K sebagai pengganti pegawai honorer kepada pemeritah pusat.

Sekretaris Kabupaten PPU, Tohar.

Sekretaris Kabupaten Penajam Paser Utara Tohar saat ditemui helloborneo.com di Penajam, Jumat, mengatakan, usulan formasi perekrutan P3K 2019 tahap pertama telah diputuskan, hanya formasi petugas penyuluh pertanian.

Usulan formasi perekrutan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja 2019 di Kabupaten Penajam Paser Utara telah ditetapkan hanya untuk formasi petugas penyuluh pertanian.

Sementara formasi perekrutan P3K tenaga pendidik atau guru dan kesehatan ditiadakan karena dinilai masih mencukupi.

“Usulan formasi perekrutan P3K itu telah disepakati melalui rapat koordinasi bersama pimpinan daerah,” tegas Tohar.

Pendaftaran perekrutan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja formasi penyuluh pertanian akan dibuka mulai pekan depan di gedung SMK Negeri 2 Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara.

Untuk gaji dan insentif P3K jelas Tohar, akan dibebankan kepada SKPD (satuan kerja perangkat daerah) atau organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

Artinya dana operasional Dinas Pertanian Kabupaten Penajam Paser Utara dipastikan berkurang untuk membayar gaji dan insentif para pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja tersebut.

Gaji dan tunjangan P3K dibebankan kepada pemerintah daerah, pernyataan tersebut ditegaskan Kepala Badan Kepegawaian Negara atau BKN Bima Haria Wibisana saat melakukan silaturahmi ke Kabupaten Penajam Paser Utara pada pekan pertama Februari 2019.

Status P3K berbeda dengan pegawai honorer, untuk menjadi P3K harus melalui seleksi seperti penerimaan CPNS. Tetapi kontrak kerja P3K dapat diputus atau tidak dilanjutkan jika kinerja P3K tidak sesuai harapan.

Pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan PNS atau ASN, namum P3K tidak mendapatkan uang pensiun. (Adv/bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.