Pelantikan Dan Rekernas Aspeksindo Dihadiri Presiden Jokowi

Bagus Purwa

Penajam, helloborneo.com – Pelantikan pengurus periode 2018 hingga 2022 dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (Aspeksindo) yang akan digelar di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, rencananya dihadiri Presiden Joko Widodo.

Aspeksindo gelar pelantikan pengurus periode 2018-2022 dan Rekernas dirangkai dengan kegiatan Expo Maritim di Kota Balikpapan, 21-23 Maret 2019.

“Acara itu diselenggarakan pada 21 hingga 23 Maret 2019,” kata Ketua Umum Aspeksindo yang juga Bupati Penajam Paser Utara, AbduL Gafur Mas’ud ketika ditemui helloborneo.com di Penajam, Senin.

Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas’ud terpilih sebagai Ketua Umum Aspeksindo pada Musyawarah Nasional I, yang digelar di Jakarta awal Oktober 2018.

Rekernas pertama Aspeksindo, menurut bupati akan membahas pembangunan wilayah kepulauan dan pesisir, serta membentuk wadah untuk menghimpun seluruh sumber daya yang ada di Indonesia.

Aspeksindo, tegas Abdul Gafur Mas’ud wajib memperjuangkan terwujudnya kesejahteraan masyarakat kepulauan dan pesisir, untuk itu perlu penguatan kelembagaan agar semua terkoordinasi antara kebijakan nasional dan daerah.

“Di Indonesia 79 persen merupakan wilayah laut dan hanya 21 persen wilayah daratan, pesisir serta laut adalah kekayaan. Tujuan Aspeksindo menyatukan serta memperjuangkan pembangunan wilayah kepulauan dan pesisir,” jelasnya.

“Indonsia merupakan negara yang punya kekuatan besar di bidang maritim, Aspeksindo sebagai wadah mengabdikan diri kepada masyarakat pesisir membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) khususnya wilayah pesisir,” terang Abdul Gafur Ma’ud.

Bupati PPU, Abdul Gafur Mas’ud.

Bupati menegaskan kebijakan pembangunan di daerah pesisir dan kepulauan harus senentiasa bertumpu pada upaya memajukan wilayah pesisir dan kepulauan agar masyarakat menjadi sejahtera.

Selain dihadiri Presiden Jokowi, lanjut Abdul Gafur Mas’ud akan tiba pula Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, Menko Maritim Luhut Panjaitan, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menteri Kelautan Susi Puji Astuti, serta menteri lainnya pada pengukuhan pengurus dan Rekernas pertama Aspeksindo tersebut.

Kegiatan ini dirangkai dengan Expo Maritim bertema “Satu Laut Sejuta Manfaat” itu juga akan dihadiri lebih kurang 150 kepala daerah berbasis kepulauan dan pesisir dari seluruh Indonesia. (Adv/bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.