Ribuan Pelaku UKM Penajam Sudah Mendapat Bantuan Sosial

Bagus Purwa

Foto Kepala DisKUKM Perindag Kabupaten PPU, Sukadi Kuncoro.

Penajam, helloborneo.com – Sedikitnya 8206 pelaku UKM (usaha kecil menengah) Kabupaten Penajam Paser Utara, dipastikan telah mendapat bantuan sosial dari pemerintah pusat pada 2021.

“Kami telah usulkan 16.412 UKM untuk menerima bantuan sosial,” ujar Kepala Diskukmperindag Kabupaten Penajam Paser Utara, Kuncoro ketika ditemui helloborneo.com di Penajam, Kamis.

Penyaluran batuan sosial bagi pelaku UKM tahap pertama telah dilakukan pemerintah pusat.

Pada tahap pertama penyaluran bantuan sosial ini menurut Kuncoro, instansinya telah mengusulkan sekitar 16.412 pelaku UKM yang terdaftar pada tahap pertama.

Dari 16.412 UKM yang telah diusulkan tersebut jelasnya, sebagian telah mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah pusat tersebut.

“Bantuan sosial itu ditransfer langsung ke rekening masing-masing pelaku UKM yang telah diusulkan,” ucap Kuncoro.

Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan atau Diskukmperindag Kabupaten Penajam Paser Utara kembali membuka pendaftaran penerima bantuan sosial bagi UKM.

Pelaku UKM yang belum terdaftar pada tahap pertama dapat mendaftar di pemerintahan kelurahan, pemerintah desa atau langsung di Kantor Diskukmperindag sampai 17 Juni 2021.

“Kami buka kembali pendaftaran bantuan sosial bagi UKM, sampai saat ini tercatat ratusan pelaku UKM telah terdaftar di tahap kedua,” ungkap Kuncoro.

Bantuan sosial sebesar Rp1,2 juta tersebut kata Kuncoro, merupakan program BPUM (bantuan produktif usaha kecil menengah) sebagai bantuan modal usaha.

Anggaran bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara atau APBN yang disalurkan oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah atau Kemenkop UKM.(adv/bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.