Melawan Saat Hendak disergap, Pencuri XPander Terpaksa ‘dilumpuhkan’

Tersangka Pencuri Mobil Xpander, BS (berbaju tahanan) harus dipapah saat dihadirkan dalam konferensi pers di Malpolresta Balikpapan. (Foto: RoyMS/helloborneo.com)

Roy MS

Balikpapan, helloborneo.com – Jajaran Polsek Balikpapan Timur meringkus seorang tersangka pelaku pencurian mobil Mitsubishi XPander di jalan Manggar Indah, Kelurahan Manggar, Balikpapan Timur. 

Polisi terpaksa melakukan tindakan tegas dan terukur terhadap tersangka berinisal BS lantaran melakukan perlawanan saat hendak disergap di tempat persembunyiannya di Guest House Andika, Sungai Kunjang, Kota Samarinda, pada Kamis (12/5) lalu. Satu timah panas seketika menembus betis kiri pria berusia 51 tahun itu saat dirinya berusaha kabur dari adangan petugas.

Kapolres Balikpapan Kombes Pol. V Thirdy Hadmiarso didampingi Kapolsek Balikpapan Timur Kompol Imam menerangkan penangkapan terhadap BS merupakan tindaklanjut hasil penyelidikan atas laporan korban mengenai dugaan aksi pencurian yang dialaminya pada Senin (9/5) Pagi. Korban kata Thirdy, melapor ke Mapolsek usai mengetahui sejumlah barang antara lain handphone, tas berisi surat berharga, serta kendaraan roda empat miliknya raib.

“Korban mengalami kerugian sebesar Rp 118.214.000 lantaran aksi tersebut,” lanjutnya.

Pelaku berhasil masuk ke dalam rumah dengan cara mencungkil jendela. Di saat bersamaan, seluruh penghuni dalam keadaan terlelap.

Mulanya tersangka BS mengambil handphone yang tergeletak di atas lantai dalam posisi mengisi ulang baterai, dan dilanjut dengan meraih tas korban. Baru saja hendak membawa kabur barang-barang tadi, tersangka pelaku malah melihat sebuah kunci mobil yang tergantung di dinding. Di saat itulah muncul rencana jahat tersangka untuk sekaligus membawa kabur mobil korban. 

Apalagi, kunci kontak mobil tergantung bersama kunci pagar. Dengan kunci-kunci itulah BS dengan mudah membawa kabur mobil yang terparkir di port rumah korban. 

“Kita amankan juga barang bukti mobil, handphone serta tas yang dia curi. Selanjutnya pelaku beserta barang bukti dibawa ke Mako Polsek Balikpapan Timur untuk proses hukum lebih lanjut,” tegas Thirdy di Mapolresta, Rabu (18/5). 

Dalam kasus ini, BS dijerat dengan Pasal 363 Ayat 1 ke 3 dan 5 KUHP. Apabila terbukti, dirinya terancam hukuman pidana kurungan penjara selama 7 tahun. (yor)





One thought on “Melawan Saat Hendak disergap, Pencuri XPander Terpaksa ‘dilumpuhkan’

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.