Bobol Tiga Rumah Warga, Komplotan Maling Raup Ratusan Juta Rupiah

Komplotan pencuri AA dan KM digiring petugas Polresta Balikpapan. (helloborneo.com/RoyMS)

Roy MS

Balikpapan, helloborneo.com – Tindak kriminalitas yang dilancarkan oleh dua pria ini tidak bisa dianggap remeh. Dalam kurun waktu satu pekan saja, AA (22) dan rekannya KM (43) berhasil menggondol sejumlah barang berharga dengan total kerugian korban mencapai ratusan juta rupiah.

Kasatreskrim Polresta Balikpapan Kompol Rengga Puspo Saputro menerangkan, para tersangka pertama melancarkan aksi pencurian di sebuah rumah di Jalan Al Makmur, Kelurahan Damai Balikpapan Tengah pada Minggu, 21 Agustus 2022 lalu. Di lokasi tersebut mereka membawa kabur sepeda motor Honda Scoopy KT 6283 LN.

“Mereka mengambil sepeda motor yang tidak dikunci stang. Setelah itu mendorong dan merusak stopkontak untuk menyalakan motor,” sambung Rengga, dikonfirmasi Jumat (2/9).

Tak berhenti di situ, AA dan KM kembali melancarkan pencurian di sebuah rumah di Jalan Manuntung, Kelurahan Sepinggan Baru Balikpapan Selatan pada Rabu, 24 Agustus 2022 siang. Keduanya mencongkel pintu rumah sasarannya untuk mengambil perhiasan emas berjumlah 75 gram, dua unit jamtangan merek sunto dan garmin, sepeda motor Yamaha N-Max sehingga korban mengalami kerugian hingga Rp130 juta.

“Tapi saat ini barang bukti yang kami amankan dari mereka itu tersisa dua jam tangan dan sepeda motor N Max. Menurut pengakuannya yang lain sudah dijual,” jelasnya.

Rangkaian aksi pencurian AA dan KM yang terakhir dilancarkan di sebuah Indekos Jalan Penegak, tepatnya di Gang Akasia, Balikpapan Selatan. Modus mereka kali ini mengintai sasaran dengan cara mengecek pintu indekos yang tidak terkunci.

Pada aksinya kali ini, AA dan KM berhasil menggasak Laptop dan Handphone milik penghuni indekos. Cerdiknya lagi, barang tersebut berhasil diangkut oleh kedua tersangka pelaku saat penghuninya sedang terlelap.

“Bermula ketika korban sedang tidur, kemudian pada saat itu pelaku masuk dan mengambil laptop dan hp,” ujar Rengga.

Kasus ini terungkap dari upaya penyelidikan yang dilakukan Satreskrim Polresta Balikpapan menindaklanjuti laporan para korban. Dari upaya tersebut keduanya berhasil diringkus dan menemukan sejumlah barang bukti.

“Ditangkap Minggu, 28 Agustus 2022 kemarin. Para pelaku saat ini masih kami periksa terkait indikasi keterlibatannya dalam aksi pencurian di lokasi lainnya,” tuntasnya. (yor)





Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.