KCNA: Xi Kirim Surat ke Kim, Serukan Komunikasi, Persatuan dan Kerja Sama

VOA Indonesia

Presiden China Xi Jinping dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berjalan selama kunjungan Xi di Pyongyang, Korea Utara. (Foto: Reuters)
Presiden China Xi Jinping dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berjalan selama kunjungan Xi di Pyongyang, Korea Utara. (Foto: Reuters)

Pyongyang, helloborneo.com – Dalam sebuah surat kepada pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menjelang kongres bersejarah Partai Komunis China, Presiden China Xi Jinping mengatakan semakin penting bagi Beijing dan Pyongyang untuk meningkatkan komunikasi, persatuan dan kerja sama, kata laporan media pemerintah Korea Utara pada Minggu (16/10).

Surat itu merupakan balasan terhadap ucapan selamat yang dikirim oleh Kim kepada China atas penyelenggaraan kongres yang dimulai pada Minggu (16/10).

Dalam kongres itu, Xi diperkirakan akan memenangkan masa jabatan ketiga sebagai Sekjen Partai Komunis yang berkuasa, posisi paling berpengaruh di negara itu.

Xi mengisyaratkan kesediaan untuk memperkuat hubungan antara China dan Korea Utara, dan “memberi kontribusi besar agar kedua negara dan rakyatnya lebih bahagia, serta mempertahankan perdamaian dan stabilitas di kawasan itu dan di seluruh dunia,” kata kantor berita Korea Utara, KCNA.

Dukungan itu disampaikan ketika Korea Utara telah menguji coba sejumlah rudal balistik dan bersiap untuk memulai lagi uji coba nuklir untuk pertama kali sejak 2017.

Korea Utara mengatakan aktivitas militer terbarunya, yang juga mencakup latihan artileri dan penerbangan pesawat tempur, merupakan balasan atas unjuk kekuatan Korea Selatan dan AS, yang melakukan latihan militer untuk memprotes uji coba Korea Utara. (log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.