Kasus Covid-19 Melonjak 200 Persen, Balikpapan Kembali Zona Merah

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarti. (Ist)
Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarti. (Ist)

Roy MS

Balikpapan, helloborneo.com –Kasus Covid-19 di Kota Balikpapan menunjukan peningkatan drastis dalam kurun tiga pekan terakhir.  Atas kondisi tersebut, Balikpapan kembali masuk zona merah Covid-19 di Kalimantan Timur, selain Samarinda dan Kutai Kartanegara.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Balikpapan Andi Sri Juliarti menerangakan, hingga saat ini jumlah terkonfirmasi mencapai 343 kasus dengan 3 kasus kematian.

“Tiga kasus kematian ini semua berusia lansia disertai komorbid. Ada yang penyakit gagal ginjal dan karena penyakit jantung,” ujar Andi Sri Juliarty di Balai Kota, Senin (31/10).

Dua minggu sebelumnya kasus terkonfirmasi terdeteksi sebanyak 67 kasus, yang kemudian meningkat 100 persen atau menjadi 138 kasus minggu setelahnya. Sedangkan dalam sepekan terakhir, angka tersebut mengalami lonjakan hingga 200 persen.

“Kita masuk zona merah kembali. Berdasarkan Inmendagri, PPKM dalam Level 1. Namun secara harian, pada web Kementerian Kesehatan kita berada di level 2,” jelasnya.

Mengenai distribusi kasus, wilayah Balikpapan Utara dengan jumlah 52 kasus masuk dalam posisi teratas. Disusul Balikpapan Selatan sebanyak 42 kasus, Balikpapan Kota 41 kasus, kemudian Balikpapan Tengah  25 kasus, Balikpapan Timur 23 Kasus sert Balikpapan Barat 19 kasus.

“Kalau untuk kelurahan yang terbanyak di Sepinggan Baru, Manggar dan Gunung Samarinda Baru,” tuturnya.

Dari seluruh kasus, sekitar 75 persen di antaranya merupakan kelompok pekerja yang terdeteksi melalui skrining PCR ketika akan masuk ke lokasi kerja. Namun begitu, ruang isolasi maupun ICU di rumah sakit dipastikan masih cukup lengang.

Untuk ruang isolasi terisi sekitar 4 persen, sedangkan ruang ICU terisi 11 persen. “Mereka kondisi sehat atau bergejala sangat ringan, jadi banyak melakukan isoman,” ujarnya. (yor)





One thought on “Kasus Covid-19 Melonjak 200 Persen, Balikpapan Kembali Zona Merah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.